Ini Cara Meningkatkan Self- Confidence Kamu!

Pernah nggak sih kamu merasa tidak percaya diri ketika berada pada lingkungan baru seperti di sekolah atau tempat kerja baru? Mungkin beberapa dari kamu berusaha mengatasinya atau justru malah mendiamkan perasaan tersebut.

Menurut W.H. Miskell (1939), percaya diri atau sering disebut juga self-confidence merupakan kepercayaan akan kemampuan sendiri yang memadai serta menyadari kemampuan yang dimiliki sehingga dapat memanfaatkannya secara tepat. Biasanya, ketika seseorang yakin dengan kemampuannya, maka akan cenderung semakin termotivasi untuk mencapai tujuan.

Baca Juga : Sering Salah Paham di Kantor?

Bukan tanpa alasan, kamu merasa tidak percaya diri. Terdapat beberapa faktor yang dapat membuatmu menjadi tidak percaya diri seperti, kurang bersosialisasi, terlalu memikirkan ucapan orang lain, berpikiran negatif, dan tidak yakin dengan diri sendiri. Padahal ketika kamu terus merasa tidak pecaya diri, kamu akan selalu terbelakang dan ketinggalan dibanding orang lain yang memiliki rasa percaya diri.

Mulai sekarang, kita coba yuk untuk meningkatkan rasa percaya diri kita dengan beberapa tips berikut;

unsplash.com
1. Bersyukur Atas Diri Kamu Sendiri

Kalau kamu masih sering membandingkan dirimu dengan orang lain, sebaiknya stop deh! Belajar untuk lebih bersyukur atas kelebihan dan kekurangan kamu. Setiap kelebihan yang kamu miliki, belum tentu dimiliki orang lain. Kekurangan yang kamu miliki adalah hal yang wajar, nggak Cuma kamu, orang lain pasti juga punya kekurangan mereka sendiri.

2. Berpikir Positif

Ubah pola pikiir negatif kamu menjadi positif. Berpikir negatif seperti “aku kayaknya nggak diterima deh”, “temen-temen kayaknya nggak percaya sama aku”, atau “aku bakal gagal sih kalau disuruh ngerjain itu” merupakan pikiran negatif yang harus kamu buang jauh-jauh. Tidak selamanya apa yang kamu takutkan atau khawatirkan akan terjadi. Berpikir negatif membuatmu menyerah lebih awal sebelum kamu berusaha.

3. Nggak Perlu Mikirin Omongan Orang Lain

Nah, kadang faktor mendengar omongan orang lain itu menjadi faktor terbesar yang dapat membuat kamu menjadi tidak percaya diri. Omongan yang merendahkanmu sebaiknya tidak perlu didengar dan dipikirkan. Kamu orang yang sepenuhnya mengerti keadaan dan kemampuan kamu. Jika orang lain berkomentar dengan mengejek atau merendahkanmu, anggap saja angin lalu.

unsplash.com
4. Evaluasi Diri

Jika kamu merasa tidak percaya diri, maka carilah penyebabnya dan temukan solusi. Pada dasarnya, kamu akan menemukan rasa percaya diri ketika kamu mampu melakukan evaluasi atas kemampuan dan performa terdahulu. Jika kamu sudah melalukan evaluasi, maka kamu bisa mengambil tindakan untuk mengembangkan dan memperbaikinya.

5. Tampilkan Kemampuan Diri

Tidak perlu malu untuk menampilkan kemampuan kamu. Biasanya ketika kamu berada di lingkungan kerja baru, atasan atau rekan kamu pasti akan menanyakan atau menawarkan beberapa tugas untuk kamu. Jika kamu mau, tidak perlu malu-malu untuk menerima tawaran tersebut atau tunjukkan inisiatifmu untuk menunjukkan kemampuanmu yang dapat menunjang karirmu.

Orang yang percaya diri dapat berkembang lebih baik karena mereka terbuka untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada sehingga akan terlihat lebih unggul dari yang lainnya. Ketika kamu mulai percaya diri, yakinlah kamu akan menjadi seseorang yang selalu optimis, memiliki pengendalian diri yang baik, berani untuk mengambil keputusan, serta mudah mencapai kesuksesan.

Hi, I’m Ekrutes Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *