Dapat Undangan Interview di Luar Jam Kerja? Berikan Alasan ini

undang interview

Pernah dapet undangan interview di luar jam kerja dan kamu kepikiran “Ini profesional nggak sih?”  Sebetulnya sama seperti kamu yang melamar pekerjaan (melalui email) pada hari dan jam kerja, seharusnya HRD  juga mengirimkan undangan interview pada hari dan jam kerja perusahaan beroperasi. Faktanya masih banyak HR yang mengirimkan undangan interview di luar jam kerja, seperti pada malam hari atau di hari libur.

Tidak hanya mengirimkan undangan interview di luar jam kerja, banyak pencari kerja yang juga mengeluhkan soal waktu interview yang diadakan juga secara mendadak.

Padahal tidak semua kandidat berada di kota yang sama dengan perusahaan tersebut berada. Sehingga, bagi beberapa kandidat potensial akan sulit untuk menghadiri undangan interview tersebut jika diberitahukan secara mendadak.

Jika kamu mendapatkan undangan interview di luar jam pekerjaan dan berhalangan untuk hadir, berikut EKRUTES.ID akan berikan kamu alasan untuk meminta reschedule jadwal interview. Yuk di simak!

Alasan Meminta Reschedule Interview yang Mendadak

1. Sakit

Sakit tentunya bukan hal yang diinginkan oleh setiap orang. Meski kamu telah menjaga makan, olahraga, ataupun jam istirahat tetapi jika kondisi tubuhmu tengah tidak baik maka tetap mudah bagi kamu untuk terserang penyakit.

Jika kamu mendapatkan undangan interview secara mendadak namun berhalangan hadir karena tengah dalam kondisi sakit, kamu bisa langsung meminta reschedule jadwal interview ke pada HRD. Biasanya, HRD akan mengerti kondisimu dan mengaturnya untuk jadwal di waktu yang lain.

Kamu bisa memberikan kabar ke pada HRD secepat mungkin setelah undangan interview diberikan. Hal ini juga dapat membuat HRD yakin jika kamu memang berminat untuk posisi tersebut, namun kondisimu tengah tidak memungkinkan untuk melakukan interview.

2. Acara keluarga

Mendapatkan undangan interview mendadak yang ternyata sama dengan acara keluarga, pasti sering membuatmu bingung harus memprioritaskan yang mana. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk menjelaskannya ke pada HRD.

Kamu bisa meminta reschedule jadwal interview kepada HRD dengan memberikan alasan yang jelas dan logis, bahwa kamu tengah berada dalam sebuah acara dan tidak bisa pergi hari itu. Sehingga, HRD bisa saja akan memberikan kesempatan untuk melakukan sesi interview di lain hari.

3. Tempat interview jauh dan waktu yang mepet

Salah satu keluhan para jobseeker jika mendapatkan undangan interview secara offline mendadak adalah tempat interview yang jauh dan waktu yang mepet. Sehingga, kamu pasti takut akan telat menghadiri undangan tersebut.

Untuk itu kamu bisa meminta keringanan ke pada HRD untuk reschedule jadwal atau meminta interview secara online. Berikan penjelasan logis mengapa kamu meminta hal tersebut, seperti kamu takut terlambat hadir karena estimasi perjalanan dari rumah ke perusahaan membutuhkan waktu 2 jam.

HRD pasti akan memberikan keringanan ke padamu untuk mengikuti interview secara online atau mengubahnya ke esokan hari. Pastikan bahwa kata-kata yang kamu sampaikan baik dan sopan, agar HRD respect dengan alasan yang kamu berikan.

Contoh Template Reschedule Jadwal Interview

Jika kamu tidak bisa menghadari undangan interview yang mendadak, berikut contoh template untuk meminta reschedule jadwal kepada HRD:

Contoh dalam Bahasa Indonesia

Selamat pagi Bapak Bagas,

Sebelumnya saya ingin mengucapkan rasa terima kasih atas undangan interview untuk posisi Marketing Staf yang bapak kirimkan kepada saya hari ini. Menanggapi undangan yang bapak kirimkan, saya sangat bersemangat untuk mengikuti proses interview tersebut.

Tetapi, dengan berat hati saya mengabarkan bahwa saya berhalangan hadir untuk mengikuti proses interview hari ini, karena kondisi kesehatan saya yang kurang baik.

Jika Bapak tidak keberatan, izinkan saya untuk meminta reschedule jadwal interview di lain hari. Untuk hari dan tanggal interview selanjutnya, akan saya serahkan ke pada kebijakan bapak. Saya memohon maaf sebesar-besarnya karena telah merepotkan Bapak untuk melakukan reschedule jadwal.

Besar harapan saya untuk bergabung pada perusahaan yang Bapak pimpin, kabar baiknya akan saya nantikan lebih lanjut.

Terima kasih

Hormat saya

Aji

Contoh dalam Bahasa Inggris

Good afternoon Ms. Reina,

First of all, I would like to thank you for the interview invitation for the IT Programming position that you sent me today. I am very excited to join the interview process.

However, I would like to apologize for not being able to attend the interview today, due to my poor health condition.

If you don’t mind, please allow me to reschedule the interview to another day. For the next interview day and date, I will leave it to your discretion.

Once again, I apologize profusely for inconveniencing you to reschedule the interview. I hope to be able to join the company that you lead, I will look forward to further good news.

Thank you.

Sincerely

Bayu

Itulah alasan beserta contoh template reschedule jadwal yang bisa kamu sampaikan, jika berhalangan hadir pada proses interview. Meski undangan interview yang diberikan oleh HRD mendadak, tetapi penting bagi kamu untuk membalasnya dengan sopan dan baik.

Dengan begitu HRD akan merasa respect dengan alasan yang menyebabkan kamu tidak bisa mengikuti proses interview tersebut. Jadi, jangan merasa sungkan untuk meminta reschedule interview jika kamu memang berhalangan hadir ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *