Tingkatkan Kemampuan Problem Solving dengan Cara Ini!
Dalam sebuah profesi dimanapun posisinya, kamu membutuhkan kemampuan problem solving yang baik. Oleh sebab itu, penting untuk meningkatkan kemampuan problem solving, agar kamu bisa membuat keputusan tepat dalam menghadapi permasalahan.
Hal ini akan menjadi lebih penting lagi, ketika kamu menduduki posisi yang cukup tinggi dalam perusahaan atau organisasi.
Nah, jadi apa yang dimaksud dengan problem solving serta bagaimana cara meningkatkan kemampuan tersebut?
Kamu bisa simak penjelasan singkatnya berikut ini.
Pengertian Problem Solving
Problem solving adalah soft skill yang wajib dimiliki setiap orang untuk menganalisa sebuah permasalahan dan memperoleh solusi secara efektif.
Penting untuk memiliki kemampuan ini, karena berkaitan dengan kemampuan lainnya seperti, komunikasi, koordinasi, analisis, team work, meneliti dan tentunya membuat keputusan.
Dasar Problem Solving Sebagai Upaya Pendekatan Solusi Permasalahan
Biasanya untuk memperoleh problem solving yang tepat, diadakan pendekatan terhadap masalah yang ada terlebih dahulu.
Pendekatan tersebut terdiri atas empat tahapan, diantaranya adalah:
1. Penjabaran Masalah
Tahap pertama yang harus kamu lakukan dalam mencapai penyelesaian masalah dengan tepat yaitu menjabarkan masalah yang ada.
Kamu harus bisa menemukan kunci permasalahan melalui gejala yang tampak, agar dapat diketahui dengan pasti apa yang melatar belakangi timbulnya permasalahan ini.
Contoh sederhana seperti saat kamu melihat hasil team work yang tidak sesuai target.
Kamu harus bisa berpikir obyektif dan mendetail untuk bisa menemukan akar permasalahan.
Apakah memang SDM yang kurang mumpuni, atau ada faktor lain seperti komunikasi yang tidak efektif dan menyebabkan tersendatnya koordinasi.
Namun kamu juga harus menganalisa lebih dalam cara kerja juga prosedur kerja yang diberlakukan.
Dari situ baru bisa didapatkan kunci utama penyebab permasalahan.
Baca juga: Seberapa Penting Public Speaking Saat Ini? Ini Alasan Mempelajarinya!
2. Pengembangan Alternatif Solusi yang Ada
Usai menemukan akar dari sebuah permasalahan, tentu akan muncul beberapa alternatif solusi.
Tugasmu adalah mengembangkan setiap alternatif solusi tersebut agar mengerucut dan mendapat hasil akhir yaitu solusi terbaik.
Pada tahap inilah pentingnya meningkatkan kemampuan problem solving. Sebab kamu dituntut untuk berpikir kritis, logis, detail dan kreatif.
Tujuannya adalah mempertimbangkan risiko dari setiap alternatif solusi yang ada.
Dengan adanya pertimbangan atas segala kemungkinan risiko yang ditimbulkan, kamu akan lebih mudah mengeliminasi alternatif solusi.
Hasilnya kamu akan memperoleh solusi terbaik dan paling tepat dengan kondisi permasalahan.
3. Penentuan Solusi yang Terbaik
Dari sekian alternatif solusi yang ada, setelah mengeliminir berdasarkan kemungkinan risiko akhirnya muncullah solusi terbaik yang kamu inginkan.
Hal ini hanya akan bisa diwujudkan, ketika kamu benar-benar mempertimbangkan setiap alternatif solusi dan memilih yang tidak berpotensi mengundang masalah lainnya.
Tujuan utama dari problem solving ada pada tahap ketiga ini. Menemukan solusi terbaik untuk mengatasi masalah yang kamu hadapi.
4. Penerapan Solusi dan Evaluasi
Tahap terakhir ini menjadi bukti atas efektivitas problem solving yang kamu buat.
Oleh sebab itu butuh strategi yang tepat dalam penerapannya agar hasilnya juga maksimal.
Di tahap ini juga menjadi bukti perlunya meningkatkan kemampuan problem solving.
Sebab kamu dituntut untuk bisa open mind agar bisa menerima kritik juga saran demi evaluasi jangka panjang atas solusi atau keputusan yang kamu buat.
Dengan evaluasi akan didapatkan hasil dari efektifitas juga keberhasilan keputusan yang kamu buat.
Jika hasil evaluasi menunjukkan tidak adanya perkembangan, artinya saatnya mencari solusi lainnya.
Baca juga: 16 Hard Skill Paling Dicari Perusahaan, Kamu Bisa yang Mana?
Tips Meningkatkan Kemampuan Problem Solving
Meningkatkan kemampuan problem solving sangat penting untuk dilakukan.
Sebab dengan begitu kamu akan lebih siap menghadapi berbagai permasalahan di dunia kerja.
Usaha untuk terus meningkatkan soft skill ini akan sangat membantu untuk meraih sukses pada karirmu.
Bahkan bukan hanya dalam dunia karir, tetapi juga dalam kehidupanmu secara pribadi.
Berikut ini beberapa tips yang bisa coba kamu terapkan, agar kemampuan problem solving dalam dirimu dapat terasah dan berkembang.
1. Menambah Wawasan
Jangan pernah bosan apalagi berhenti belajar. Terlebih jika menyangkut bidang yang memang tengah kamu geluti sekarang.
Semakin luas wawasan juga pengetahuanmu akan sebuah hal, maka akan semakin mudah menghadapi permasalahan yang datang.
Kamu bisa membuat pertimbangan dan mengantisipasi risiko dengan lebih matang.
Untuk menambah wawasan, kamu bisa mengikuti pelatihan. Baik yang pelatihan secara tatap muka ataupun daring.
2. Ubah Cara Berpikir
Pola pikir sangat berpengaruh pada kemampuan memecahkan permasalahan.
Ketika kamu menganggap masalah sebagai beban, maka akan membuat stress dan menimbulkan masalah baru.
Namun ketika kamu melihat permasalahan sebagai sebuah tantangan, kamu akan fokus pada solusinya.
Dengan begitu tidak akan mudah stress ataupun terbebani dan kemampuan menganalisa kamu juga akan terasah dengan sendirinya.
3. Analisa Secara Mendalam
Jangan terbiasa melihat permasalahan dari satu sudut pandang saja.
Biasakan untuk mengidentifikasi dan menganalisa masalah secara mendalam.
Dengan begitu kamu akan belajar melihat sebuah masalah dari sisi berbeda.
Hal ini justru akan memudahkan menemukan berbagai alternatif solusi sebagai jawabannya. Kamu juga lebih mudah menemukan akar permasalahan yang sesungguhnya.
4. Aplikasikan Mind Mapping
Metode mind mapping akan membantumu menghasilkan ide-ide segar dalam menyelesaikan masalah. Kamu akan lebih mudah menjabarkan setiap bagian dengan jelas.
Cara ini selain merangsang kreatifitasmu, juga akan mudah untuk fokus pada satu bagian masalah.
Dari situ, pikiranmu akan lebih detil dan bisa mengantisipasi berbagai kemungkinan yang ditimbulkan oleh tiap ide atau alternatif solusi yang kamu hasilkan.
5. Mengasah Kemampuan Komunikasi
Komunikasi menjadi kunci penting dalam menyelesaikan sebuah permasalahan yang melibatkan banyak orang.
Komunikasi yang tersendat dapat menimbulkan berbagai masalah baru yang tidak diharapkan.
Semakin bagus kemampuan komunikasi, akan lebih mudah mendengarkan, menganalisa, menyampaikan ide juga mengkritisi setiap ide atau solusi yang ada.
Komunikasi bukan melulu soal berbicara, tetapi juga bagaimana memahami apa yang disampaikan orang lain dan sebaliknya.
Baca juga: Perbedaan Keterampilan Interpersonal dan Intrapersonal, Apa Saja?
Kamu bisa coba tips meningkatkan kemampuan problem solving di atas sebagai salah satu bekal mencapai sukses dalam karirmu.
Berada di dunia kerja apalagi di posisi yang cukup tinggi menuntutmu untuk memiliki keahlian ini.
Bagi kamu yang merasa sudah memiliki problem solving yang bagus, saatnya untuk mengaplikasikannya di dunia kerja.
Mulai dengan mendapatkan karir impianmu agar lebih nyaman saat menjalaninya.
Untuk bisa mendapatkan karir impian, kamu bisa bergabung dan memanfaatkan aplikasi Ekrutes.id.
Dengan aplikasi pencarian kerja cerdas ini, kamu akan dibantu menemukan pekerjaan yang kamu impikan.
Tidak hanya itu saja, Ekrutes telah dilengkapi dengan fitur psikotes online yang akan membantu menganalisa karakter, wawasan juga keahlianmu.
Dengan begitu akan lebih mudah menyesuaikan pekerjaan apa yang cocok untukmu.
Platform digital talent management ini terbukti aman dan terpercaya, sehingga akan menghindarkan dari penipuan bermodus lowongan pekerjaan.
Ekrutes.id memberikan pengalaman baru yang menyenangkan untuk mendapatkan karir impian!