Tips Menghadapi Persaingan dalam Dunia Kerja, Simak Yuk!
Agar mampu meraih kesuksesan karir, tentu kamu harus tahu tips menghadapi persaingan dalam dunia kerja.
Apalagi di era digitalisasi seperti sekarang yang mengharuskan kamu untuk selalu update dan melek teknologi.
Ini berlaku buat kamu yang fresh graduate maupun yang berpengalaman sekalipun.
Penting untuk bisa memenangkan persaingan dalam dunia kerja tanpa perlu menjatuhkan pesaing lain, atau yang biasa kita sebut sebagai health competition (persaingan yang sehat).
Mengandalkan gelar pendidikan saja pastinya tidaklah cukup.
Kamu harus memiliki skill khusus yang membuat perusahaan tertarik pada kemampuan kamu, sehingga kamu bisa bertahan dan sukses dalam menghadapi persaingan kerja.
Persaingan dalam dunia karir memang cukup ketat.
Oleh karena itu, sebaiknya kamu sikapi dengan cekatan, cerdas, dan sigap, namun tetap bijak.
Apabila tidak, justru kamu bisa tertinggal atau bahkan mengalami tekanan pekerjaan yang bisa membuatmu gagal dan menyerah.
Tips Menghadapi Persaingan dalam Dunia Kerja
Artikel ini akan membahas apa saja tips menghadapi persaingan dalam dunia kerja yang perlu untuk kamu terapkan.
1. Positive Thinking
Tips pertama yang harus kamu lakukan tentu saja menanamkan pola pokir positif terhadap diri kamu sendiri tentang persaingan dalam dunia kerja.
Cobalah untuk berpikir dari sudut pandang yang lebih positif bahwa persaingan karir itu merupakan hal yang biasa.
Jangan memiliki anggapan bahwa pesaing lain merupakan musuh kamu.
Sebaliknya, jadikan hal tersebut sebagai sumber motivasi untuk belajar dan berkembang.
Kamu bisa jalin hubungan baik dengan pesaing lain dan menjadi rekan kerja yang saling menguntungkan.
Anggaplah kritik dan saran dari mereka sebagai masukan untuk memperbaiki diri, bukannya menganggap kritik sebagai sebuah cemoohan.
Baca juga: 14 Tips Agar Hari Pertama Kerja Jadi Menyenangkan!
2. Kembangkan Kemampuan Bahasa Asing
Dalam dunia karir, semakin kamu mahir atau menguasai bahasa asing, maka semakin tertarik pula perusahaan untuk merekrut kamu dari pada pesaing kamu.
Setidaknya kuasai satu bahasa asing seperti Bahasa Inggris yang notabenenya diperlukan oleh sebagian besar perusahaan.
Dengan menguasai bahasa asing, juga bisa mempermudah kamu dalam berbagai hal, misalnya wawancara kerja, negosiasi dengan klien, dan lain-lain.
3. Perbanyak Wawasan dengan Membaca
Tips menghadapi persaingan dalam dunia kerja berikutnya adalah dengan memperluas wawasan kamu dengan membaca.
Selain dapat menambah referensi kamu dalam bekerja, membaca juga bisa jadi sumber untuk menemukan inspirasi dan motivasi.
Dengan memperluas wawasan, kamu pun bisa tahu apa saja yang harus dilakukan untuk memaksimalkan kinerja dan mengembang skill–skill yang dibutuhkan.
4. Belajar Public speaking
Jika kamu merasa kamu adalah tipe pemalu dan susah berinteraksi di depan khalayak ramai, maka sebaiknya kamu kembangkan skill public speaking mulai dari sekarang.
Public speaking merupakan skill dasar yang penting untuk kamu pelajari terutama dalam dunia kerja.
Sebab, akan ada saatnya kamu dibutuhkan untuk melakukan presentasi kerja, baik itu kepada rekan kerja atau atasan.
Dengan public speaking yang baik kamu akan memiliki nilai tambah serta meningkatkan rasa percaya diri kamu.
Mulailah belajar intonasi, pemenggalan kata, ekspresi dan tata bahasa, dan gestur tubuh yang baik agar informasi yang hendak kamu sampaikan akan lebih mudah diterima klien.
5. Kenali Potensi Diri Kamu
Mengenali potensi dalam diri juga jadi salah satu tips menghadapi persaingan dalam dunia kerja yang paling jitu.
Pasalnya, jika kamu bisa mengenali dan mengidentifikasi potensi diri, maka akan lebih mudah bagimu untuk menyusun strategi dalam mengembangkan skill.
Cobalah untuk melakukan tes asesmen untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan kamu serta kemana arah minat dan bakat kerjamu.
Ini juga berguna untuk meningkatkan produktivitas kinerja kamu.
Selain itu, kamu juga bisa tahu skill apa yang harus kamu tonjolkan agar kamu diperhatikan dan dipertimbangkan oleh perusahaan sebagai pekerja yang unggul.
Dengan begitu, kamu bisa bertahan dalam menghadapi persaingan kerja, atau bahkan berhasil meraih kesuksesan dalam berkarir.
Ekrutes.id merupakan platform tes asesmen yang menyediakan berbagai layanan menarik seputar karir, mulai dari update informasi hingga psikotes online.
Melalui Ekrutes.id kamu juga bisa terhubung dengan perusahaan atau pekerjaan yang sesuai dengan potensi kamu, lho!
Baca juga: Ketahui Tips Memilih Platform Asesmen Online yang Cocok!
6. Utamakan Etika dalam Bekerja
Salah satu penyebab orang gagal dalam menghadapi persaingan dunia kerja adalah mengesampingkan etika dalam bekerja.
Perusahaan mana sih yang mau mempekerjakan orang yang kurang beretika?
Maka dari itulah, sangat penting bagi kamu untuk menjaga attitude, baik itu dengan sesama pekerja, atasan, maupun klien.
Mulailah dengan membiasakan diri untuk menjaga etika-etika umum, seperti menjaga kebersihan dan kerapian tempat kerja dan memisahkan urusan pribadi dengan pekerjaan.
Selain itu, usahakan untuk selalu bertanggung jawab terhadap tugas yang diemban, menghormati perbedaan pendapat, dan peka terhadap situasi.
7. Ikuti Berbagai Program Pelatihan
Mengapa harus mengikuti program pelatihan agar bisa menghadapi persaingan dalam dunia kerja?
Karena dengan mengikuti pelatihan, maka bisa jadi ajang dan tempat yang tepat untuk kamu memperoleh bimbingan dan dilatih menjadi orang yang lebih profesional.
Program pelatihan akan menyediakan fasilitas yang tepat dan orang yang lebih ahli untuk membantu kamu mengembangkan skill–skill tertentu.
Misalnya jika kamu kurang menguasai skill mengoperasikan Microsoft yang notabenenya sangat dibutuhkan di era digitalisasi, maka ikutilah pelatihan Microsoft.
Bentuk pelatihan bermacam-macam, bisa berupa job training, workshop, atau seminar.
Kamu sebaiknya juga berinisiatif untuk mengikuti kelas-kelas training jika ingin mengembangkan dan mengasah keterampilan kamu di bidang tertentu.
Sekarang ini, telah tersedia banyak program atau kelas training yang berkualitas dan harganya terjangkau, bahkan ada pula yang gratis.
Selain berguna untuk meningkatkan produktifitas dalam bekerja, mengasah skill juga bisa menambah self confidence kamu.
Jangan sampai kamu hanya bekerja saja tanpa adanya perkembangan skill, karena bisa-bisa kamu tertinggal dan kalah dalam persaingan karir.
Baca juga: 16 Hard Skill Paling Dicari Perusahaan, Kamu Bisa yang Mana?
8. Berani Tampil Menonjol
Tampil menonjol yang dimaksud di sini bukanlah tampil dengan mengenakan pakaian yang mencolok, ya.
Maksudnya adalah penampilan yang lebih mengarah ke performa kerja kamu.
Untuk bisa menghadapi persaingan dalam dunia kerja, maka beranilah untuk menonjolkan skill yang tidak semua rekan kerjamu miliki.
Misalnya saja kamu bekerja sebagai seorang staf pemasaran, namun kamu punya skill kepemimpinan yang lebih mumpuni daripada rekan kerjamu yang lain.
Maka percaya dirilah untuk menunjukkannya!
Dengan begitu, peluang kamu akan diperhatikan oleh atasan dan dipromosikan juga akan turut meningkat.
Produktivitas kerjamu pun jadi lebih baik dari sebelumnya.
9. Jadilah Kreatif dan Inovatif
Mengapa kreativitas dan inovasi diperlukan untuk bisa bertahan dan sukses dalam dunia kerja?
Itu karena dengan kreativitas, maka dapat membantu kamu untuk mencari solusi atau jalan keluar dari suatu permasalahan dengan lebih mudah.
Orang yang kreatif dalam memecahkan persoalan biasanya memiliki sudut pandang yang berbeda dan beragam.
Menjadi inovatif juga dibutuhkan agar kamu bisa menyelesaikan tugas pekerjaanmu dengan lancar dan mudah.
Pasalnya, orang yang berinovasi punya berbagai macam gagasan atau ide yang menghasilkan metode baru untuk menyelesaikan suatu persoalan.
Lalu, bagaimana cara mengasahnya?
Tentu saja dengan stay curious, belajar, praktek, dan latihan.
Nah, demikianlah beberapa tips menghadapi persaingan dalam dunia kerja yang penting untuk kamu terapkan.
Informasi yang menarik, bukan?