Mengulik Lebih Dalam Profesi Digital Marketing dan Kualifikasinya
Era digitalisasi membuat hampir semua aspek kehidupan beralih pada mode digital. Tidak terkecuali dunia pemasaran yang lebih kini merambah ke digital marketing.
Selain lebih efektif dan low budget, itulah alasan mengapa para pengusaha menyambut kehadiran konsep digital marketing dengan tangan terbuka.
Peluang kerja di bidang ini pun begitu luas. Lalu apa, sih pengertian digital marketing?
Definisi Digital Marketing
Digital marketing adalah sebuah metode pemasaran yang memanfaatkan media digital serta jaringan internet.
Sementara untuk orang yang menggeluti profesi di bidang ini disebut dengan digital marketer.
Seorang digital marketer bertanggung jawab untuk memasarkan serta melakukan branding produk secara digital.
Contoh bidang dalam digital marketing misalnya seperti, social media, email marketing, content marketing, video marketing dan masih banyak lainnya.
Tujuan dari digital marketing sendiri adalah agar dapat lebih cepat menarik perhatian calon konsumen.
Hal ini dikarenakan penggunaan teknologi juga internet terus meningkat di tengah masyarakat.
Inilah yang akhirnya membuat banyak perusahaan lebih memilih pemasaran secara digital.
Peluang Karir di Bidang Digital Marketing
Bagi kamu yang sedang belajar digital marketing dan mempersiapkan diri menjadi seorang digital marketer maka jangan berhenti di tengah jalan.
Sebab prospek dari profesi ini sangat menjanjikan untuk kedepannya.
Teknologi yang akan terus meningkat penggunaanya. Kebutuhan perusahaan akan tim marketing yang andal menjadi alasan kuat banyaknya staff digital marketing yang diperlukan.
Untuk bisa menjadi seorang digital marketer yang qualified dan juga mudah untuk menduduki posisi tersebut, kamu harus paham beberapa hal.
Mulai dari tanggung jawab yang akan kamu emban nantinya dan juga kualifikasi yang harus kamu miliki serta diasah sejak dini.
Adapun tanggung jawab dari seorang digital marketer, diantaranya adalah:
- Meng-handle segala sesuatu yang terkait dengan branding produk juga pemasarannya yang dilakukan secara digital
- Membuat susunan rencana untuk mempromosikan produk lewat channel digital
- Membuat konsep untuk promosi melalui saluran digital secara menyeluruh
- Merancang dan mengkonsep distribusi content marketing pada media sosial
- Melakukan evaluasi pada teknologi, aplikasi maupun trend dari IT yang tengah populer saat itu. Selain itu seseorang yang bekerja di bidang digital marketing harus memiliki perspektif juga pemikiran guna menentukan teknik online marketing yang tepat untuk digunakan
- Melakukan pemeliharaan serta peningkatan engagement konsumen atas produk yang dipasarkan, dengan menghadirkan konten di media sosial
- Melakukan optimasi laman perusahaan berikut produk-produknya dalam mesin pencarian
- Senantiasa melakukan brainstorming agar dapat menghadirkan strategi baru untuk online marketing
- Melakukan pengukuran dan melaporkan performa juga segala aktivitas pemasaran digital, serta melakukan perbandingan dengan target yang diinginkan (KPI & ROI)
Baca juga: Apa Itu Software Engineer dan Bagaimana Peluang Karirnya?
Kemampuan yang Harus Dimiliki Sebagai Digital Marketer
Berikut ini adalah kemampuan atau skill yang harus dimiliki oleh seorang digital marketer:
- Menguasai ilmu media dan komunikasi, advertising, digital marketing, hubungan masyarakat, jurnalistik dan juga manajemen bisnis
- Menguasai bahasa asing (terutama Bahasa Inggris)
- Mampu bekerja multitasking, teliti dan bisa bekerja secara akurat
- Paham dan menguasai konsep SEO, pengelolaan database, media sosial, email, video dan juga kampanye iklan secara online
- Memiliki pengalaman tentang perancangan sekaligus pengoptimalan landing pages
- Menguasai teknik multivariat eksperimen dan juga riset pasar
- Memiliki pemahaman dan penguasaan analytic tools
- Mempunyai kemampuan analisa yang baik, sehingga dapat membuat keputusan yang mengacu pada data
- Senantiasa update dengan perkembangan teknologi terkini, pengukuran kinerja, online marketing dan juga consumer behavior
Personality Seseorang yang Bekerja Di Bidang Digital Marketing
Setiap orang terlahir dengan kepribadian yang berbeda-beda. Namun ketika kita terbiasa berada di suatu situasi atau lingkungan tertentu, tidak menutup kemungkinan membentuk kepribadian kita ke arah yang berbeda.
Begitu pula ketika kamu menekuni dunia pemasaran digital. Baik disadari ataupun tidak, kamu akan menjadi seseorang dengan personality sebagai berikut:
- Mampu berpikir kritis juga logis, sehingga dapat melakukan penalaran untuk menganalisa kekuatan juga kelemahan dari setiap solusi. Termasuk dengan kesimpulan dan juga pendekatan atas masalah yang diatasinya
- Menyelesaikan masalah berdasarkan pada hasil riset atau data yang diperoleh dari lapangan
- Mampu berkomunikasi secara efektif baik secara lisan maupun tulisan. Bukan hanya untuk menyampaikan idenya atau meyakinkan klien saja, tetapi juga mendengar keinginan klien serta menerima setiap evaluasi atas kinerjanya
- Penuh kreativitas serta mampu menganalisa target, sehingga dapat menghasilkan digital campaign yang bagus dan berkualitas
- Memiliki ketertarikan yang tinggi pada hal-hal yang tengah menjadi trend, serta senang belajar hal-hal baru
- Mempunyai ketertarikan tinggi pada dunia penulisan, desain dan juga seni, serta dasar ilmu psikologis yang membantunya menganalisa pola pikir target konsumen. Dengan begitu ia bisa menciptakan iklan yang tepat pada sasaran
- Tipe orang yang visioner. Segala sesuatunya dipikirkan secara menyeluruh dan untuk jangka panjang. Ia akan berusaha membuat kampanye atau iklan yang tidak hanya hits dalam sekali gebrakan saja. Melainkan membuatnya lekat dalam ingatan masyarakat dalam kurun waktu yang lama
- Kamu yang menekuni digital marketing, akan lebih berorientasi pada detail. Sebab terbiasa menyelesaikan project yang setiap detailnya harus diawasi dan sesuai konsep yang diinginkan
Dengan personality seperti yang telah disebutkan di atas, kamu akan siap menghadapi setiap tantangan di dunia kerja terutama bidang pemasaran digital.
Terlebih prospek profesi ini juga sangat bagus, jadi sudah pasti tingkat persaingannya juga tinggi.
Secara umum persyaratan untuk bisa menjadi seorang digital marketer yaitu memiliki ijazah Strata 1.
Untuk bidang studi ilmunya bervariasi mulai komunikasi, pemasaran, pemasaran online dan bidang studi ilmu lainnya yang masih terkait dengan digital marketing.
Sebab lulusan dari bidang studi ilmu tersebut telah menguasai dasar dari pemasaran, SEO, analisis web juga pay per click.
Umumnya menghabiskan waktu empat tahun untuk menempuh jenjang pendidikan tersebut.
Selain memiliki ijazah strata 1, biasanya perusahaan juga meminta dokumen sertifikasi digital marketing.
Hal ini akan dijadikan sebagai bukti kompetensimu, serta menjadi nilai plus tersendiri jika kamu memilikinya.
Karena itulah kini banyak sekali kita jumpai sertifikasi digital di laman internet. Baik yang gratis maupun berbayar.
Sebut saja seperti Twitter Flight School, YouTube Creator Academy, Google Digital Garage, Facebook Blueprint dan lain sebagainya.
Jika kamu sudah memantapkan pilihan untuk mendalami dunia digital marketing, maka perbanyak referensi serta mengikuti program sertifikasi.
Dengan bermodalkan skill, sertifikasi juga ijazah yang memadai, kamu bisa mendapatkan banyak lowongan sebagai digital marketer dengan bantuan Ekrutes.
Ekrutes.id merupakan digital talent management platform yang akan menghubungkanmu dengan perusahaan penyedia lowongan.
Setelah melalui online psikotes, Ekrutes.id akan membuat kesimpulan karakter juga keahlianmu, kemudian kamu bisa mencari lowongan yang sesuai dengan karatker kamu.
Dengan Ekrutes.id, kamu akan lebih mudah menemukan karir impianmu. Dimulai dari sini, kamu akan bisa melangkah lebih jauh dan berkembang menjadi lebih baik lagi di kemudian hari di bidang digital marketing.
Jadi jangan tunda lagi, segera bergabung dengan Ekrutes.id dan mulai perjalanan karir impianmu.