8 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Agar Semakin Produktif dalam Bekerja!
Apakah kamu ingin belajar bagaimana cara agar bisa menjadi lebih produktif? Tahukah kamu bahwa ada sejumlah kebiasaan yang bisa kamu lakukan untuk untuk meningkatkan produktivitas?
Ketika kita berbicara tentang produktivitas di tempat kerja, artinya kita mengacu pada seberapa banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan selama periode waktu tertentu.
Tentu kita lebih memilih untuk dapat menyelesaikan sebanyak mungkin pekerjaan dalam waktu sesingkatnya.
Namun pada kenyataannya, seringkali kita mengalami gangguan seperti rasa malas, menunda-nunda tugas yang harus dikerjakan, bahkan sama sekali tidak termotivasi untuk mengerjakan hal tersebut.
Maka dari itu, kamu bisa mencoba beberapa tips produktivitas yang telah kami rangkum agar bisa menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin!
1. Buat to-do-list tetapi dalam jumlah yang sewajarnya saja
Hal pertama yang bisa kamu lakukan agar memulai hidup yang lebih produktif adalah dengan cara membuat to-do-list atau daftar yang berisi hal apa saja yang harus kamu kerjakan.
Kamu bisa menyusun daftar tersebut dan menentukan pekerjaan mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.
Kesalahan yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang adalah memilih terlalu banyak item yang harus dilakukan dalam satu hari.
Padahal, akan lebih baik jika kamu hanya menentukan paling banyak tiga aktivitas penting dan benar-benar fokus untuk mengerjakannya.
Jika kamu bisa menyelesaikan semua hal yang sudah direncanakan, tentu kamu akan merasa puas dan keesokannya makin semangat dalam melakukan pekerjaan.
2. Atur waktu dan jangan lupa untuk beristirahat sejenak
Orang yang produktif bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras. Mereka paham bahwa peningkatan produktivitas adalah hasil dari penyederhanaan.
Semakin kamu sibuk, bukan berarti kamu semakin produktif.
Cobalah untuk mengambil jeda sejenak ketika kamu sedang bekerja.
Tujuannya agar pikiran kamu tetap segar dan tingkat energi kamu tetap tinggi.
Sulit sekali untuk tetap produktif ketika kamu merasa lelah atau kehilangan fokus.
kamu bisa beristirahat pada jam-jam tertentu, pergi jalan-jalan, tidur siang, berolahraga atau bermeditasi.
Tenangkan pikiran dan tubuh sehingga kamu bisa kembali melakukan pekerjaan dengan efektif.
Baca juga: Work Life Balance dan Manfaatnya Dalam Kehidupan Karir
3. Tetapkan tujuan yang lebih kecil
Cara paling penting untuk menjadi lebih produktif adalah dengan menetapkan tujuan yang realistis.
Menentukan tujuan secara tepat dapat memberi kejelasan, fokus, dan arah bagi kamu untuk mencapainya.
Buatlah tujuan yang terukur sehingga kamu bisa menentukan kapan dan di mana kamu harus menghabiskan waktu secara produktif.
Penetapan tujuan yang lebih baik membantu kamu mengidentifikasi dengan tepat apa yang ingin kamu capai dalam tenggat waktu tertentu sehingga memungkinkan kamu untuk lebih fokus dan produktif pada aktivitas yang bernilai tinggi dan mencapai hasil lebih cepat.
Jika ingin menjadi lebih produktif, coba tanyakan beberapa pertanyaan ini pada diri kamu:
- Apa yang ingin Saya capai di masa depan?
- Kapan Saya ingin mencapainya?
- Bagaimana perasaan Saya ketika mencapai tujuan tersebut?
Buatlah perencanaan sedetail mungkin agar kamu dapat mengelola waktu dengan lebih efektif, memfokuskan waktu dan energi pada sejumlah kecil aktivitas penting sehingga kamu dapat melakukannya dengan lebih produktif.
4. Cari lingkungan dapat membuat kamu lebih produktif
Lingkungan yang tepat adalah kunci penunjang produktivitas.
Dalam hal ini, lingkungan bisa mendukung kamu agar fokus pada tujuan yang sudah kamu tetapkan sebelumnya.
Boleh dikatakan, lingkungan adalah pondasi dari lahirnya pikiran yang jernih sehingga dengan lingkungan yang mendukung, kamu bisa mengerjakan banyak hal dengan fokus.
Sesekali, singkirkan kalender dan jadwal aktivitas lainnya karena hal tersebut bisa mengganggu konsentrasi kamu.
Jadikanlah ruang kerja kamu rapi, bersih, dan nyaman agar tidak ada gangguan yang menghalangi kamu untuk mulai produktif.
5. Buat komitmen terhadap apapun yang kamu lakukan
Komitmen atau ikrar diri adalah satu hal yang penting untuk meningkatkan motivasi kamu.
Semakin kamu termotivasi untuk menggapai tujuan, semakin besar pula kemungkinan kamu bisa produktif setiap hari.
Motivasi ini akan melahirkan semangat, sehingga kamu bisa lebih fokus dan memusatkan perhatian pada pekerjaan yang ingin kamu selesaikan.
Komitmen yang kuat ini juga membuat kamu kuat dari godaan untuk mengerjakan aktivitas lainnya.
Cara mudah untuk menciptakan komitmen adalah dengan niat yang kuat.
Memegang teguh dalam hati untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.
Baca juga: Tips Menentukan Jenjang Karir yang Tepat Untuk Kamu!
6. Jangan takut untuk berkata tidak
Membuat batasan-batasan pada koridor arah tujuan adalah kunci produktivitas.
Cobalah untuk mengatakan “tidak” pada seseorang, aktivitas, maupun peluang yang tidak relevan dengan tujuan hidup kamu.
Memang sih, seiring pergantian waktu, peluang-peluang pasti akan muncul.
Namun terkadang peluang tersebut membawa kamu menjauhi tujuan awal.
Maka dari itu, batasi diri dengan mengambil peluang yang memiliki relevansi dengan tujuan kamu.
Coba pikirkan kembali apa tujuan kamu. Bila kamu ingin fokus pada perusahaan, klien, ataupun sebuah tim, pastikan prioritaskan hal tersebut.
7. Fokus pada progres, bukan perfection
Ingat, produktivitas itu ditentukan oleh progres atau kemajuan, bukan kesempurnaan.
Karena bagaimanapun, tidak ada hal yang sempurna di dunia ini.
Banyak sekali orang yang terlalu sibuk memikirkan, merubah, hingga redesain sesuatu hingga akhirnya benar-benar sempurna. Jangan lakukan hal itu!
Coba lakukan yang terbaik dan fokus pada progres.
Karena jika kamu hanya mencari kesempurnaan, artinya kamu mengambil beberapa risiko, diantaranya seperti:
- Membuang waktu dan tidak efisien dalam hal pekerjaan.
- Menunda sesuatu yang seharusnya bisa segera dikerjakan.
- Kehilangan kesempatan atau peluang besar.
- Kalah update dibanding kompetitor.
Prinsip utama produktivitas adalah menyelesaikan pekerjaan semaksimal mungkin, bukan meraih kesempurnaan.
Artinya, jika kamu sudah mengusahakan secara maksimal, namun hasilnya 80% saja, angka tersebut sudah cukup baik, tidak perlu dipaksakan harus meraih 100% jika memang tidak memungkinkan.
Cobalah hindari sikap atau perilaku perfeksionis, karena sikap tersebut bisa berpotensi besar menghambat produktivitas kamu.
Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Pribadi Anti Boros!
8. Jangan Biasakan Multitasking
Multitasking sangatlah berdampak buruk pada produktivitas kamu.
Melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu bisa merusak efektivitas dan efisiensi kerja.
Sehingga kamu harus mulai membiasakan bekerja secara fokus satu hal dalam satu waktu.
kamu bisa coba mengalokasikan 90 menit atau 2 jam untuk menghasilkan progresifitas satu project saja.
Fokuslah dalam selesaikan pekerjaan itu dan sudahi ketika waktunya habis.
Hal ini dijamin sangat membantu agar kamu jauh lebih produktif.
Jika perlu, cobalah tutup ruang kerja agar halang rintang tidak masuk dan mengganggu fokus kamu.
Jangan biarkan hal-hal yang tidak urgent merusak konsentrasi kamu, ketika hendak mencapai tujuan yang sudah direncanakan sebelumnya.
Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk meningkatkan produktifitas dalam kehidupan sehari-hari.
Menemukan karyawan atau talent yang produktif penting sekali untuk keberlangsungan perusahaan kamu.
Maka dari itu, kamu bisa menggunakan platform seperti Ekrutes.id untuk melakukan assessment terhadap calon karyawan yang ingin kamu pekerjakan.
Fitur assessment dapat membantu kamu dalam mengevaluasi performa dan potensi karyawan secara akurat dengan menyediakan laporan yang sangat akurat dari setiap tes penilaian.
Hubungi kami sekarang juga.