Pentingkah Organisasi Kampus Untuk Karier? Ini Penjelasannya

organisasi untuk karier

Siapa yang selalu ngerasa dirinya introvert dan nggak mau ikut organisasi di kampus? Sebelum masuk ke dunia kerja, sebagai seorang mahasiswa, tentu kamu harus mengoptimalkan segala kegiatan yang bisa meningkatkan keahlianmu untuk dunia kerja. Terus ikut organisasi kampus, penting nggak sih untuk karier nanti?

Organisasi mahasiswa atau kampus sendiri merupakan sebuah kelompok atau grup yang biasanya dikelola oleh para mahasiswa. Sebuah organisasi dibangun berdasarkan pada ketertarikan yang sama, seperti sosial politik, agama, olahraga, atau hal lainnya.

Mahasiswa pun tidak dibatasi berapa banyak ia ingin bergabung dalam sebuah organisasi, sehingga membuatnya memiliki banyak peluang untuk mengikuti organisasi sesuai minatnya.

Mengikuti organisasi dalam kampus ataupun luar kampus, tentu memiliki berbagai keuntungan yang berguna bagi dunia kerja. Lantas, apa saja keuntungan yang akan didapat mahasiswa dari mengikuti organisasi?

Nah, berikut ini EKRUTES.ID akan berikan kamu informasi pentingnya organisasi untuk karier. Yuk di simak!

Apa saja sih keuntungan organisasi untuk karier masa depan?

Bagi kamu para mahasiswa, tidak perlu merasa khawatir jika waktu yang kamu habiskan untuk mengikuti organisasi akan sia-sia. Berikut lima keuntungan yang akan kamu dapat jika mengikuti organisasi:

1. Membangun relasi

Ketika kamu mengikuti sebuah organisasi, tentu kamu akan bertemu dengan berbagai orang baru. Rekan organisasi tersebut lah yang menjadi relasi barumu. Sehingga, semakin banyak kamu berkenalan dengan orang baru, maka semakin besar jaringan relasimu.

Melalui relasi ini, kamu akan dapat lebih mudah mengetahui banyak informasi yang berguna untuk mendukung karier di masa depan. Oleh karena itu, penting untuk kamu menjaga hubungan baik dan komunikasi dengan rekan organisasi atau orang yang memiliki ketertarikan sama denganmu.

2. Menambah pengalaman

Ketika kamu memutuskan untuk bergabung dalam sebuah organisasi, tentunya kamu akan belajar banyak hal yang akan menambah pengetahuan dan pengalamanmu. Kamu dapat mengambil peluang untuk bertanggung jawab dalam sebuah jabatan pada organisasi tersebut.

Sehingga ketika kamu melamar pekerjaan, perusahaan akan merasa kamu mampu untuk mengisi posisi tersebut karena telah memiliki pengalaman yang relevan. Selain itu, jika kamu memiliki proyek yang dikerjaan, kamu dapat melampirkan hasil proyek tersebut ke dalam portofolio kerjamu.

3. Melatih jiwa kepemimpinan

Dengan mengikuti organisasi, kamu tentu diharuskan memiliki jiwa kepemimpinan yang baik untuk orang lain maupun diri sendiri. Sehingga, bergabung dalam organisasi akan membantu kamu melatih jiwa kepemimpinanmu, dengan belajar cara bertanggung jawab kepada diri sendiri dan orang lain.

Kamu juga wajib untuk belajar cara mengambil keputusan yang bijak bagi dirimu sendiri dan orang lain. Dengan begitu kamu akan memiliki kemampuan problem solving yang baik, khususnya dalam dunia kerja.

4. Melatih percaya diri

Tidak hanya melatih jiwa kepemimpinan, dengan mengikuti organisasi kamu juga akan melatih rasa percaya diri, khususnya ketika berkomunikasi dengan banyak orang atau public speaking.

Skill komunikasi merupakan hal yang penting untuk dimiliki dalam dunia kerja. Hal ini berguna untuk membangun komunikasi dan relasi yang baik dengan rekan atau partner bisnis perusahaan. Selain itu, memiliki kemampuan public speaking juga dapat membantu ketika perusahaan mengadakan presentasi dengan klien besar.

5. Belajar kerjasama tim

Dalam sebuah organisasi pastinya kamu tidak akan bekerja sendirian, sehingga penting bagi kamu mempelajari kerjasama tim. Penting untuk kamu belajar menurunkan ego demi kepentingan bersama dalam organisasi.

Selain itu, kerjasama tim dapat membangun kekompakan dan rasa tanggung jawab dalam menjalankan kegiatan organisasi. Skill kerjasama tim bahkan sangat berguna bagi kamu ketika bekerja dalam perusahaan. Sebab, kamu tentunya akan bekerja dengan banyak orang dalam sebuah divisi perusahaan.

Itulah 5 keuntungan untuk karier yang bisa kamu dapat jika mengikuti organisasi di dalam kampus maupun di luar kampus. Ketika kamu mengikuti sebuah organisasi, memang terdapat banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Namun, kamu juga perlu berpikir dengan matang jika ingin mengikuti banyak organisasi sekaligus. Sebab, terlalu sibuk berorganisasi tentu akan mempengaruhi jadwal perkuliahanmu. Pastikan bahwa kamu telah memperhitungkan segala kemungkinan dengan bijak ya, EKRUBUDDY!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *