Kerjaan Menumpuk? Inilah 9 Tips Menyelesaikan Deadline Pekerjaan
Sangat penting bagi kamu untuk mengetahui tips menyelesaikan deadline pekerjaan supaya tugas kamu tidak terlalu menumpuk.
Itu karena setiap bidang pekerjaan pasti mempunyai deadline.
Bahkan untuk pekerjaan freelance sekalipun, yang notabenenya memiliki waktu kerja yang fleksibel?
Mengapa dalam setiap pekerjaan harus ada deadline?
Dengan adanya deadline atau target, maka kamu akan lebih produktif daripada bekerja tanpa deadline.
Selain itu, deadline juga bisa jadi motivasi kamu tentang betapa pentingnya tanggung jawab dalam pekerjaan dan sebagai tolak ukur untuk keberhasilan karir kamu.
Bayangkan saja jika dalam pekerjaan tidak ada deadline, maka tugas kamu jadi berantakan karena akan cenderung suka menunda-nunda untuk menyelesaikan pekerjaan.
Hal tersebut akan berdampak negatif terhadap perkembangan karir kamu.
Tips Menyelesaikan Deadline Pekerjaan
Apa saja tips menyelesaikan deadline pekerjaan yang bisa kamu praktekkan dan biasakan?
1. Membuat List Pekerjaan
Salah satu tips jitu untuk bisa menyelesaikan tugas dari pekerjaan kamu adalah dengan membuat list pekerjaan yang harus kamu selesaikan.
Untuk membuat list ini, pastikan terlebih dahulu kamu tahu apa saja hal yang harus kamu kerjakan.
Kemudian, catat atau tulis semua pekerjaan itu, lengkap dengan tanggal deadline, keperluan apa saja yang dibutuhkan, hingga nomor kontak pihak yang berkaitan.
Jangan lupa untuk mengurutkannya berdasarkan skala prioritas kamu.
Kerjakan tugas yang penting dan dekat dengan deadline dahulu, baru kemudian kerjakan yang kurang penting belakangan.
Kamu bisa mencatat atau menulisnya di buku catatan khusus, papan to do list, atau bahkan di smartphone menggunakan aplikasi catatan harian atau kalender kerja.
2. Mulailah Bekerja Lebih Awal
Tips menyelesaikan deadline pekerjaan selanjutnya adalah dengan memulai bekerja lebih awal.
Pernah dengar pepatah, “Satu perbuatan nyata lebih berharga dibandingkan seribu rencana?”
Maka dari itu, jika kamu sudah membuat rencana untuk dilakukan, maka segera lakukan.
Ini diyakini dapat membantu kamu untuk menyelesaikan pekerjaan, terutama yang sudah terlanjur menumpuk.
Cobalah untuk bangun lebih pagi atau berangkat menuju kantor lebih cepat dari biasanya.
Untuk memulai sesuatu terkadang memang terasa lebih sulit.
Namun, kamu harus berusaha untuk mengalahkan rasa malas dan segeralah mulai menyelesaikan pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawabmu.
3. Jadikan Deadline Sebagai Motivasi
Bagi sebagian besar orang yang bekerja, deadline sering kali jadi momok yang menakutkan.
Buat kamu yang masih memiliki pemikiran seperti itu, sebaiknya segera ubah anggapan negatif tersebut menjadi lebih positif.
Cobalah untuk berteman dengan deadline dan jadikan ia sebagai motivasi.
Tanamkan pemikiran bahwa deadline adalah sumber semangat untuk menyelesaikan tugas tepat waktu.
Kebanyakan orang yang sukses dalam berkarir memiliki pola pikir bahwa deadline merupakan sumber inspirasi utama.
Baca juga: 10 Tips Mengatur Waktu Agar Pekerjaan Cepat Selesai
4. Suka Menunda Pekerjaan Bukanlah Kebiasaan Orang Sukses
Menunda pekerjaan sama saja dengan menambah jumlah atau beban pekerjaan itu sendiri.
Jika kamu sering melakukan hal ini, maka kebiasaan atau kecenderungan untuk membiarkan masalah menumpuk hingga berlarut-larut.
Meskipun itu pekerjaan yang kecil, jika dibiarkan lama-lama juga akan menjadi masalah yang besar.
Maka dari itu, hindari kebiasaan suka menunda-nunda pekerjaan, karena hal itu hanya akan menghambat produktivitas kamu.
5. Rehat Sejenak
Saat kamu berkutat dengan deadline pekerjaan yang menumpuk, pasti membuat kamu merasa pusing atau bahkan stress.
Hal itu bisa berdampak buruk pada kondisi kesehatanmu.
Jika kondisi kesehatanmu menurun, justru akan menghambat kamu untuk mengerjakan deadline yang belum selesai.
Oleh karena itulah, tak ada salahnya untuk mengistirahatkan badan dan pikiranmu sejenak.
Lakukan exercise ringan untuk merenggangkan otot-otot yang kaku serta melancarkan peradaran darah ke seluruh tubuh.
Istirahat sejenak juga bermanfaat untuk mengembalikan pikiran-pikiran positif guna mencegah terjadinya stres.
6. Jangan Terlalu Perfeksionis
Sikap perfeksionis dalam bekerja memang akan membawa manfaat untuk produktivitas kamu.
Namun, perfeksionis yang berlebihan justru bisa berdampak negatif pada dirimu sendiri.
Misalnya saja kamu memiliki deadline pekerjaan yang banyak dan berdekatan, akan tetapi kamu terlalu berusaha agar tugas selesai dengan sempurna.
Hal tersebut mengakibatkan pekerjaan lainnya jadi terbengkalai dan waktu untuk menyelesaikannya juga jadi lebih sedikit hanya untuk satu tugas yang sempurna.
Kualitas memang diperlukan, namun jika deadline sudah menumpuk sebaiknya kamu dahulukan untuk menyelesaikan semua yang harus dikerjakan terlebih dahulu.
Baru kemudian jika ada sisa waktu, kamu periksa dan koreksi kembali untuk meningkatkan kualitas pekerjaan kamu.
Baca juga: Pentingnya Profesionalitas dalam Dunia Karir
7. Jaga Asupan Nutrisi
Tips menyelesaikan deadline pekerjaan berikutnya juga berkaitan dengan masalah kesehatan.
Selain mengistirahatkan pikiran dan tubuh, kamu juga perlu memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke tubuh dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi.
Hal ini juga penting untuk dilakukan, meskipun kamu sedang dikejar-kejar deadline.
Karena umumnya, orang yang memiliki banyak deadline, akan mengesampingkan masalah ini dengan alasan tidak punya cukup waktu.
Kebiasaan ini justru akan merugikan diri kamu sendiri.
Cobalah untuk tetap mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar nutrisi tubuh tetap terpenuhi, sehingga badan pun menjadi fit.
Dengan begitu, tubuh kamu jadi tidak mudah sakit dan bisa menyelesaikan deadline pekerjaan dengan lancar.
Baca juga: Tips Work From Home: Tingkatkan Produktivitas Kerja!
8. Meminimalisir Segala Bentuk Gangguan
Jika kamu ingin bisa lebih fokus dan konsentrasi untuk mengerjakan deadline, alangkah baiknya jika kamu menghindari segala bentuk gangguan.
Gangguan bisa karena faktor internal maupun eksternal.
Faktor internal yang bisa memecahkan fokus dan konsentrasi kamu antara lain rasa cemas, sedih dan senang yang berlebihan, marah, gelisah, dan sebagainya.
Tipsnya, cobalah untuk mengganti suasana yang lebih kondusif dan nyaman untuk bekerja.
Bisa dengan berpindah tempat, seperti di teras, halaman, perpustakaan, cafe, dan sebagainya.
Atau bisa juga dengan mengganti dekorasi ruang kerja kamu dengan mengganti warna cat dinding, menambah tanaman, perabotan yang cantik, dan sebagainya.
Cara sederhana seperti memastikan pencahayaan ruang kerja cukup, sirkulasi udara yang baik, dan kebersihan yang tetap terjaga juga bisa mengembalikan mood, lho.
Lalu, apa saja faktor eksternalnya?
Misalnya tempat kerja yang ramai dan bising, bahkan buat kamu yang sosialita, smartphone pun bisa jadi gangguan dalam bekerja.
Tak jarang orang yang sedang bekerja terlalu fokus pada sosial media di smartphone mereka dan selalu mengeceknya setiap lima menit sekali.
So, buat kamu yang masih memiliki kebiasaan ini sebaiknya segera dikurangi, ya!
9. Pegang Komitmen
Apabila kamu sudah menerapkan beberapa tips di atas, maka langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah selalu memegang komitmen.
Tak sedikit orang yang dihadapkan pada deadline yang menumpuk, bisa menjaga komitmen mereka hingga pekerjaan benar-benar tuntas.
Padahal, berpegang teguh pada komitmen merupakan kunci sukses agar deadline pekerjaan kamu bisa selesai tepat waktu.
Komitmen juga membantu kamu untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi dalam bekerja.
Nah, sekian penjelasan mengenai tips menyelesaikan deadline pekerjaan pada artikel hari ini.
Ingin tahu tips-tips lain yang bermanfaat untuk perkembangan karir kamu?
Yuk, segera kunjungi Ekrutes.id!
Platform psikotes online yang mudah, cepat dan efektif.
Cocok buat kamu yang ingin asesmen diri dengan proses yang pastinya anti ribet.
Hasilnya bisa kamu jadikan tolak ukur untuk mengembangkan skill dan meraih karir yang cemerlang.
So, tunggu apa lagi?
Segera kunjungi website Ekrutes.id dan download sekarang juga aplikasinya di Google Play Store!