Siap untuk Career Switch? Berikut Persiapan yang Wajib Dilakukan

Merasa jenuh dengan pekerjaan adalah hal yang sering dirasakan oleh banyak orang. Ketika seseorang melakukan pekerjaan yang sama dalam jangka waktu lama, tidak jarang rasa bosan dan jenuh muncul. Rasa jenuh yang terus dirasakan dan tidak dapat diselesaikan, sering kali mendorong keinginan seorang untuk melakukan pergantian karir atau career switch.

Mengubah jalur karir bukan keputusan yang mudah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan dan dipersiapkan agar berjalan sesuai harapan. EKRUTES.ID telah merangkum informasi penting mengenai career switch yang perlu kamu ketahui.

Apa Itu Career Switch?

Career switch atau pergantian karir adalah proses di mana seseorang beralih dari satu jalur karir ke jalur karir yang berbeda. Pergantian ini bisa melibatkan perubahan industri, peran, atau bahkan bidang pekerjaan yang sangat berbeda dari sebelumnya. Namun, career switch tidak selalu berarti harus berpindah perusahaan. Seseorang bisa melakukan perpindahan karir dengan berpindah ke divisi lain dalam perusahaan yang sama.

Alasan Melakukan Career Switch

1. Gaji yang Tidak Sesuai

Gaji sering menjadi faktor penting dalam karir seseorang. Kenaikan gaji atau mendapatkan penghasilan yang lebih baik menjadi salah satu alasan utama untuk mencari peluang kerja baru. Industri teknologi sering menjadi pilihan karena menawarkan banyak kesempatan dengan gaji yang relatif tinggi.

2. Kepuasan dalam Bekerja   

Kepuasan kerja sangat diidamkan oleh karyawan yang telah berkomitmen dan bekerja keras dalam perusahaan. Ketika karyawan tidak mendapatkan penghargaan yang sepadan, seperti kenaikan gaji, mereka mungkin mempertimbangkan untuk berpindah perusahaan atau melakukan career switch.

3. Ketidakcocokan dengan Budaya Perusahaan

Ketidakcocokan dengan lingkungan, sistem, atau budaya perusahaan dapat mendorong seseorang untuk melakukan pergantian karir. Masalah internal dan sistem kerja yang rumit juga bisa menjadi pemicu untuk mencari peluang baru.

4. Perubahan Tujuan Hidup

Seiring bertambahnya usia, pandangan dan tujuan hidup seseorang bisa berubah, mempengaruhi keputusan untuk melakukan career switch. Orang dewasa sering melakukan pergantian karir karena perubahan pandangan tentang karir dan tujuan hidup.

Persiapan Sebelum Melakukan Career Switch

Untuk melakukan suatu tindakan yang besar, tentunya membutuhkan persiapan yang matang. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan:

1. Melakukan evaluasi diri

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengevaluasi diri terkait keputusan yang akan dibuat. Evaluasi diri ini dapat dilakukan dengan melihat berbagai aspek, mulai dari keterampilan hingga pengalaman karir yang dimiliki.

Pertimbangkan kembali apakah bidang yang dipilih dapat mendukung tujuan karir di masa depan. Jika tidak, pikirkan kembali sistem kerja dan jenis pekerjaan yang ingin dijalani. Melakukan evaluasi dan pertimbangan yang mendalam, dapat membantu menemukan alasan yang tepat untuk berganti profesi dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan.

2. Melihat peluang kerja

Setelah mengevaluasi diri, langkah selanjutnya adalah melihat peluang kerja yang ada. Lakukan riset mendalam mengenai industri atau bidang yang kamu minati. Pelajari tren pasar kerja, permintaan terhadap profesi tertentu, dan keterampilan yang dibutuhkan. Jangan ragu untuk memanfaatkan platform pencarian kerja, seperti EKRUTES.ID untuk mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan terbaru. Selain itu, jangan lupa untuk memperluas jaringan profesional, karena seringkali peluang terbaik datang dari referensi atau koneksi yang sudah kamu miliki.

3. Perkuat Keahlian 

Saat berpindah ke bidang pekerjaan baru, seringkali diperlukan keahlian yang berbeda dengan pekerjaan sebelumnya. Namun, keahlian yang sudah kamu miliki dari pekerjaan sebelumnya tetap berharga dan dapat terus diasah serta ditingkatkan, karena kemungkinan besar keahlian tersebut masih relevan atau dapat memberikan nilai tambah di pekerjaan yang baru.

Memadukan pengembangan keahlian lama dan pembelajaran keahlian baru dapat mempersiapkan diri secara komprehensif untuk sukses dalam career switch dan menghadapi tantangan baru dengan percaya diri.

Career switch memang bukan keputusan yang mudah, kamu harus merencanakan dengan matang sehingga career switch bukan hanya sekedar keinginan semata hingga kamu menyesalinya. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, kamu dapat memulai dengan berkonsultasi bersama seorang profesional di bidang karir melalui sesi konsultasi 1 On 1. Konselor akan memberikan kamu insight yang tentang keraguan yang kamu rasakan. Salah satu layanan yang ditawarkan oleh EKRUTES.ID adalah Career Path Consultation. Jika kamu tertarik untuk mengikuti layanan ini, segera kunjungi website EKRUTES.ID. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *