Sense of Belonging: Fondasi Kinerja dan Loyalitas Karyawan

Cara Membangun Sense of Belonging di Tempat Kerja

Pernahkah kamu merasa tidak cocok dan tidak nyaman saat bekerja? Bisa jadi kamu tidak memiliki sense of belonging. Seorang karyawan dengan sense of belonging yang tinggi pasti merasakan kenyamanan, keterikatan, keamanan dan tanggung jawab terhadap perusahaan.

Sense of belonging tidak hanya memberikan dampak positif bagi karyawan, tetapi juga bagi perusahaan. Ketika karyawan memiliki rasa keterikatan yang kuat terhadap perusahaan, mereka akan lebih termotivasi, produktif, dan berkontribusi lebih banyak untuk kesuksesan perusahaan. Jadi, mengapa sense of belonging sangat penting?

Pengertian Sense of Belonging

Sense of belonging, atau rasa memiliki, adalah perasaan di mana karyawan merasa diterima, dihargai, dan menjadi bagian dari suatu kelompok atau organisasi. Karyawan akan merasa terhubung dengan perusahaan, memiliki peran yang dianggap penting, serta meyakini bahwa kontribusi mereka dihargai. Ketika karyawan memiliki sense of belonging yang kuat, mereka lebih termotivasi dan berkomitmen, sehingga terbangun rasa tanggung jawab terhadap keberhasilan perusahaan. Kondisi ini pada akhirnya memberikan kontribusi signifikan terhadap keberhasilan perusahaan dalam mencapai visi dan misi. 

Manfaat Sense of Belonging di Tempat Kerja

1. Meningkatkan Employee Engagement

Employee engagement adalah tingkat keterlibatan, komitmen, dan antusiasme karyawan terhadap pekerjaan dan perusahaan. Dengan demikian, sense of belonging berkontribusi pada peningkatan keterlibatan karyawan, yang pada akhirnya mendukung kinerja dan kesuksesan perusahaan.

2. Pengurangan Tingkat Turnover

Sense of belonging dapat mengurangi turnover karyawan. Ketika karyawan merasa diterima dan dihargai, mereka cenderung untuk tetap bertahan di perusahaan. Riset yang dilakukan oleh BatterUp menunjukkan bahwa sense of belonging dapat mengurangi risiko turnover hingga 50%. Rasa keterikatan membuat karyawan merasa lebih nyaman dan terikat dengan perusahaan, sehingga mereka lebih memilih untuk tetap tinggal dan berkontribusi dalam jangka panjang.

3. Membentuk Etos Kerja yang Baik 

Seorang karyawan dengan sense of belonging memiliki motivasi untuk terus berkembang, salah satunya adalah meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Sense of belonging menjadi motivasi yang kuat untuk bekerja secara maksimal, kreatif dan profesional. Sehingga seorang dengan sense of belonging akan memiliki etos kerja yang baik. 

Cara Membangun Sense of Belonging

1. Membangun Kepercayaan

Kepercayaan adalah fondasi dari sense of belonging. Ciptakan lingkungan yang nyaman dan aman untuk berbagi ide, pendapat, dan kekhawatiran mereka tanpa takut akan konsekuensi. Transparansi dalam komunikasi dan tindakan manajemen juga sangat penting untuk membangun kepercayaan.

2. Diskusi Secara Terbuka

Lakukan komunikasi terbuka di seluruh tingkatan organisasi. Ajak karyawan untuk berpartisipasi dalam diskusi dan keputusan yang mempengaruhi pekerjaan mereka. Karyawan akan merasa lebih dihargai dan menjadi bagian dari tim.

3. Lakukan Penilaian Rutin

Lakukan penilaian kinerja secara rutin untuk memberikan umpan balik. Penilaian rutin membantu karyawan memahami kekuatan dan hal yang perlu diperbaiki, serta menunjukkan bahwa perusahaan peduli dengan perkembangan karyawan.

4. Memupuk Ikatan Sosial

Menyelenggarakan kegiatan sosial dan acara tim secara reguler untuk membantu karyawan membangun hubungan yang lebih erat dengan rekan kerja. Aktivitas seperti makan siang bersama, outing perusahaan, atau kegiatan tim dapat memperkuat ikatan sosial di antara karyawan.

5. Berikan Apresiasi

Menghargai kontribusi karyawan secara terbuka dan konsisten sangat penting untuk membangun rasa keterikatan. Berikan penghargaan dan pujian atas pencapaian dan usaha mereka. Pengakuan yang tulus dapat membuat karyawan merasa dihargai dan diakui.

Apabila menerapkan strategi-strategi ini, perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang mendukung, karyawan merasa terhubung dan memiliki rasa keterikatan yang kuat. Sehingga tidak hanya meningkatkan kesejahteraan karyawan, tetapi juga berkontribusi pada kesuksesan jangka panjang perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *