Personal Branding di Media Sosial: Keuntungan hingga Strategi

personal branding media sosial

Hampir seluruh orang di dunia ini memiliki akun media sosial yang aktif dalam melakukan interaksi sosial setiap harinya. Terlebih hadirnya smartphone yang membuat kita lebih mudah mengakses internet dan media sosial di berbagai tempat. Namun, sering terlewatkan oleh para pengguna media sosial untuk melakukan personal branding. Padahal personal branding di media sosial memiliki berbagai keuntungan, terutama untuk karir dan mudah untuk dilakukan.

Personal branding sebenarnya bukan hal yang sulit untuk dilakukan, kita hanya perlu memilih informasi apa yang ingin kita bagi di media sosial sebelum menguploadnya. Namun, terdapat beberapa hal yang memang harus diperhatikan sebelum melakukan branding di media sosial, khususnya mengenai image diri apa yang ingin ditampilkan.

Tak jarang para pengguna media sosial justru menampilkan image negatif, agar lebih diingat oleh banyak orang. Lantas apa pentingnya personal branding di media sosial? Yuk, disimak Bersama!

Pengertian personal branding

Personal branding sendiri merupakan sebuah aktivitas individu yang ingin menampilkan citra tentang dirinya kepada orang lain. Citra yang akan ditampilkan ini nantinya akan membentuk sebuah persepsi atau pemikiran orang lain terhadap individu tersebut. Di era teknologi saat ini, membangun sebuah branding biasanya banyak dilakukan di paltform sosial media.

Personal branding sendiri juga bisa dikatakan sebagai salah satu cara memasarkan diri di media sosial, untuk meraih persepsi orang lain terhadap dirinya. Semakin baik branding yang ditunjukan, maka semakin baik persepsi orang kepada kita. Sehingga dalam melakukan personal branding, seseorang harus benar-benar menunjukan sisi terbaik dari dirinya.

Personal branding untuk dunia kerja

Bagi para pekerja industri atau perorangan, branding image merupakan salah satu skill yang dapat dilakukan untuk memasarkan skill yang dimiliki seseorang.  Sehingga, hal tersebut juga menjadi salah satu jalan kesuksesan seseorang untuk mendapatkan karir impiannya.

Meski membangun karir memang tidak semudah yang terlihat, seseorang harus memiliki strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Sehingga salah satu usahanya yakni dengan membuat image atau citra diri yang sesuai di media sosial.

Bagi para pelaku industri yang ingin membangun personal branding khususnya di media sosial, saat ini telah tersedia platform profesional yang berfokus dalam membentuk karir. LinkedIn merupakan salah satu platform media sosial yang dapat digunakan untuk melakukan personal branding. Melalui LinkedIn, penggunanya dapat dengan mudah mencari informasi mengenai pekerjaan dan berkoneksi dengan HRD atau pekerja yang lebih berpengalaman.

Selain itu, dengan melakukan personal branding di media sosial akan memudahkanmu untuk dapat dihubungi para rekrutmen, jika kalian memang merupakan kandidat yang cocok untuk mengisi posisi tersebut.

Keuntungan personal branding di media sosial

Banyak orang yang belum paham mengenai manfaat personal branding di media sosial, sehingga sering kali diabaikan begitu saja. Padahal begitu banyak manfaat yang dapat di dapatkan melalui personal branding di media sosial yang banyak belum di sadari. Berikut keuntungan yang bisa kamu dapatkan melalui personal branding:

1. Lebih dikenal orang lain

Dengan membentuk sebuah personal branding di media sosial, kamu lebih berpeluang untuk dikenali oleh banyak orang. Khususnya bagi para pengguna media sosial yang tengah booming, seperti Instagram, Facebook, LinkedIn, dan Twitter.

Dengan besarnya peluang untuk dikenal oleh orang lain, pastinya akan membantu dalam mendapatkan relasi baru. Selain itu, kamu bahkan bisa dengan mudah mendapatkan penawaran seputar bisnis atau lowongan kerja.

2. Menjadi lebih unggul

Dunia kerja memang seperti sebuah ajang kompetisi, dimana orang-orang harus mampu menunjukan branding terbaik dirinya sebelum terjun ke dalam dunia tersebut. Dengan melakukan branding diri, kamu tentunya akan memiliki peluang untuk lebih unggul dari pada orang lain. Hal ini tentunya karena kamu akan lebih mudah diingat oleh atasan ataupun klien.

Begitu pula dengan para pekerja freelance yang melakukan branding image di media sosial akan lebih mudah untuk dipercaya, dan lebih mudah untuk mendapat tawaran kerja sama. Sehingga dengan melakukan personal branding yang baik, kamu akan terlihat lebih unggul di mata para klien, dibandingkan dengan freelancer lainya.

3. Lebih percaya diri

Ketika kamu mulai membangun image atau citra baik yang akan ditunjukan kepada orang lain, tentu rasa kepercayaan dirimu akan semakin meningkat. Sebab, kamu dapat menunjukan skill yang kamu miliki dan mungkin dapat lebih unggul dari orang lain.

Oleh sebab itu, sebelum kamu membentuk sebuah personal branding untuk langkah karir ke depan, pastikan untuk terlebih dahulu mengetahui skill apa yang kamu miliki. Sehingga akan lebih mudah untuk membangun strategi karir ke depan.

Strategi personal branding di media sosial

1. Mengenali diri

Di strategi yang pertama lakukanlah evaluasi diri sebelum melakukan personal branding, hal ini akan membantumu menentukan sisi dari dirimu yang lebih unggul untuk dapat ditampilkan di media sosial. Selain itu, kamu juga dapat mengeksplore skill yang kamu miliki sebelum melakukan branding di media sosial.

Kamu bisa juga meminta pendapat orang lain terkait apa yang menjadi kekurangan atau kelebihanmu ketika melakukan sebuah pekerjaan atau tugas, sehingga penilaian tersebut bisa membantumu untuk melakukan evaluasi diri lebih jauh.

2. Konsisten bangun image 

Meski setiap orang selalu mengalami perkembangan setiap waktu pada dirinya, tapi pastikan branding mengenai kepribadian dan pekerjaan harus selalu konsisten. Sebab hal ini dapat berpengaruh pada kualitas diri yang kamu tunjukan di media sosial.

Jika kamu ingin menunjukan suatu perubahan, pastikan kamu menunjukan perubahan yang bersifat positif sehingga orang lain akan semakin terkesan padamu. Karena sejatinya tujuan personal branding adalah membuat orang lain untuk terus mengingatmu.

3. Jalin relasi luas

Melakukan personal branding tanpa membangun relasi yang luas, akan menjadi hal yang percuma untuk dilakukan karena orang lain tetap akan sulit untuk mengenali dirimu. Oleh karena itu maksimalkan relasi yang kamu miliki untuk membangun sebuah personal branding yang mengesankan.

Terlebih lagi di era teknologi saat ini, mencari relasi merupakan hal yang mudah. Kamu hanya perlu memaksimalkan aktivitas mu di media sosial dengan melakukan branding diri dan membangun relasi yang luas.

Tips personal branding di media sosial

1. Maksimalkan konten branding

Konten merupakan cara kita menyampaikan informasi yang kita miliki kepada orang lain di media sosial. Sehingga personal branding di media sosial dapat dilakukan dengan cara membuat konten, yang menunjukan kualitas diri yang baik.

Seperti contoh jika kamu merupakan seorang fotografer kamu bisa membagikan hasil foto yang kamu ambil di media sosial pribadimu. Hal ini tentu dapat membangun persepsi bahwa kamu merupakan seorang fotografer yang dapat dipercaya.

2. Lakukan interaksi

Setelah kamu melakukan branding konten, Langkah selanjutnya yang dapat kamu ambil adalah melakukan interaksi aktif dengan sesama pengguna lainnya. Hal ini juga berguna untuk membangun relasi dengan orang baru di media sosial.

Interaksi aktif dengan pengguna media sosial lainnya, kamu juga dapat melakukan dengan cara mengikuti balik pengguna tersebut, menyukai postingannya, berikan komentar pada postingan konten penggun lain, bahkan kamu juga dapat berkomunikasi lebih jauh melalui direct messenger.

3. Teratur dan konsisten

Konsisten dalam membuat konten dan aktif di media sosial ternyata juga berpengaruh untuk mengptimalisasi  branding yang kamu lakukan. Mudahnya ketika seseorang secara konsisten membuat dan mengunggah konten, maka kamu pasti lebih diingat oleh orang lain melalui konten di media sosial tersebut.

Selain itu, dalam menjalin relasi di media sosial konsisten juga penting untuk dilakukan dalam menjaga hubungan baik dengan orang lain. Ketika relasi yang terjalin semakin intense, tentu kamu akan lebih dipercaya jika terdapat sebuah project bisnis.

Dengan melihat perkembangan teknologi yang semakin massive, sebagai pengguna sosial kita harus bisa memanfaatkan hal tersebut untuk sesuatu yang lebih bermanfaat seperti personal branding. Lakukan strategi dan tips di atas untuk membantu-mu memaksimalkan branding-mu di media sosial ya!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *