Peran Customer Service Bagi Perusahaan dan Peluang Karir
Istilah customer service tentunya sudah tidak asing lagi. Bahkan pada saat kamu belum terjun ke dunia kerja, istilah ini sudah banyak ditemui.
Salah satunya di pusat layanan public seperti bank, mall, dealer, salon, rumah sakit, dan kantor layanan pemerintah.
Mereka disebut juga dengan CS yang merupakan bagian paling depan dari sebuah instansi.
Istilah frontliner sering disematkan untuk petugas CS karena adalah tenaga kerja yang berinteraksi langsung dengan pelanggan.
Berminat melamar posisi ini? Simak dulu penjelasan berikut ini!
Mengenal Posisi Customer Service dalam Perusahaan
Terlebih dulu kamu harus paham apa yang dimaksud dengan customer service.
Berdasarkan istilahnya, customer adalah pelanggan sedangkan service adalah layanan.
Bila digabungkan, artinya adalah sebagai pelayanan untuk pelanggan.
Mereka inilah yang bersentuhan langsung dengan pelanggan perusahaan dalam hal apapun.
Dalam dunia perbankan, CS bertugas untuk menangani pelanggan yang disebut sebagai nasabah mulai dari pembukaan rekening, pencetakan buku, pemesanan cek, atau giro.
Namun kebanyakan image yang terbangun dalam masyarakat, CS adalah tempat untuk mengajukan komplain.
Contoh mudahnya ketika jaringan seluler bermasalah kamu pasti langsung menghubungi CS melalui customer care.
Namun pekerjaan CS bukan hanya berhubungan dengan menangani complain dari pelanggan saja.
Namun tugasnya jauh lebih kompleks lagi, inilah salah satu alasan tidak mudah bisa menjadi CS. Karena tanggung jawabnya cukup besar.
Tanggung Jawab Customer Service
Tanggung jawab customer service atau CS tidak mudah. Karena berhubungan dengan konsumen, kepuasan pelanggan, dan rating perusahaan sehingga membuat tugas customer service menjadi tidak mudah.
Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib dipenuhi jika kamu berminat meniti karir sebagai CS, antara lain:
1. Menjawab telepon masuk dari luar
Bukan sekedar mengangkat dan memberikan jawaban atas pertanyaan yang datang saja.
Kamu harus solutif dan komunikatif dalam menangani keluhan pelanggan.
Sehingga pelanggan atau klien penelpon merasa dihargai.
2. Menerima tamu
Tamu yang dimaksud adalah pelanggan, konsumen, pencari kerja, peserta wawancara, semuanya yang datang ke kantor operasional menjadi tanggung jawab pertamanya si CS.
3. Memastikan kepuasan konsumen
Terutama berhubungan dengan layanan utama dari perusahaan.
Misalnya saja dalam dunia perbankan, CS menjamin nasabah mendapat semua fasilitasnya, melakukan bimbingan, dan follow up sehingga segala permasalahannya dapat diminimalisir sejak dini.
Semua tamu yang berkepentingan akan diterima kemudian diteruskan sesuai tujuannya.
Sekilas tampak mudah, namun CS turut menentukan kepuasan pelanggan.
Dalam jangka panjang berperan langsung juga dalam menjaga eksistensi perusahaan.
Maka dibutuhkan persyaratan yang tidak mudah untuk menempati posisi ini.
Baca juga: Staff Administrasi: Syarat, Tugas, dan Tanggung Jawabnya
Syarat untuk Menjadi Seorang Customer Service
Setiap customer service bekerja sesuai dengan ketentuan dan aturan perusahaan.
Jadi dalam bertugas seragam antara satu dengan lainnya. Berikut syarat supaya kamu mudah diterima menjadi CS.
1. Syarat dari Segi Fisik
- Memiliki tinggi minimal 160 cm untuk wanita dan 165 cm untuk pria. Untuk yang satu ini adalah ukuran standar untuk menjadi seorang customer service.
- Tubuh proporsional, berat badan umumnya tidak dijelaskan secara pasti yang penting ideal. Sehingga enak dilihat.
- Sehat jasmani dan rohani tanpa kurang suatu apapun.
- Berpenampilan menarik, ditunjang dengan kemampuan menjaga kerapian diri. Hal ini hukumnya wajib karena nantinya seorang CS akan ditempatkan di bagian depan.
- Untuk CS online, persyaratan penampilan tidak terlalu diperhatikan, namun wajib memiliki pendengaran yang baik dan solutif. Karena poin utamanya adalah indra pendengar.
2. Syarat Administratif
- Memiliki pendidikan sesuai syarat umumnya minimal D3. Namun terkadang untuk masing-masing perusahaan memiliki persyaratan khusus untuk minimal pendidikannya.
- Memiliki kelengkapan dokumen penting seperti ijazah, transkrip nilai, resume, surat lamaran dan foto. Ini dibutuhkan untuk melihat seberapa professional calon pelamar CS tersebut.
3. Sikap Seorang CS
- Komunikatif dan antusias dengan lawan bicara, ini menunjukkan CS merupakan orang yang terbuka pada semua orang. Bagaimanapun juga seorang CS memang sudah seharusnya dituntut untuk terbuka dalam melayani pelanggan.
- Bertutur kata sopan, jelas, dan mudah dimengerti. Ini merupakan syarat utama sikap seorang CS yang harus diperhatikan.
- Memiliki kecenderungan suka menolong. Karena pada dasarnya tugas CS adalah menolong konsumen yang memiliki masalah.
- Memiliki semangat team work. Syarat ini dibuktikan dengan pengalaman kamu dalam berorganisasi.
Peluang Karir menjadi CS
Peluang karir untuk menjadi seorang customer service pada dasarnya sangat mudah.
Hal pertama yang perlu kamu miliki selain penampilan adalah memenuhi persyaratan sesuai permintaan perusahaan seperti di bawah ini:
- Perhatikan syarat usia pada saat melamar menjadi CS. Umumnya maksimal usia yang disyaratkan adalah 25 tahun.
- Kebanyakan perusahaan juga mengharuskan untuk tidak menikah selama 2 tahun pertama. Jadi setidaknya harus fokus bila ingin menjadi seorang CS.
- Dibuka peluang untuk semua jurusan pendidikan. Jadi tidak hanya pendidikan khusus perkantoran, administrasi, dan sebagainya. Sebab dalam pekerjaan nantinya ilmu yang akan diberikan sifatnya cukup umum. Sehingga kesempatan menjadi CS terbuka untuk siapa saja.
- Peluang kamu diterima perusahaan untuk menempati posisi CS semakin terbuka lebar jika menguasai bahasa dengan baik. Tidak hanya bahasa Indonesia namun juga bahasa asing seperti bahasa Inggris, Mandarin, Arab dan sebagainya.
- Dalam hal ini, calon pelamar harus memiliki soft skill. Perusahaan akan melihat ini pada saat proses seleksi. Diantara soft skill paling penting adalah kemampuan kamu menangani komplain nasabah dan menjalin kerja sama dengan rekan kerja.
- Kemampuan mengoperasikan komputer juga menjadi modal untuk mendapatkan kesempatan menjadi seorang CS. Jangan hanya mempelajari Ms Office, kamu perlu menambah kompetensi dalam melakukan desain dan menggunakan software lain.
Posisi CS sekilas terlihat stuck begitu saja, namun jika kamu memiliki banyak keahlian perusahaan bisa menempatkan di posisi strategis lainnya.
Contohnya saja seperti di bidang marketing atau public relations (PR).
Baca juga: Tugas dan Peran Profesi HRD dalam Perusahaan
Penutup
Mengawali pengalaman bekerja sebagai seorang frontliner khususnya CS bisa jadi jembatan paling cepat untuk jalur karir kamu.
Jangan sepelekan kesempatan ini sebab lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja.
Bagi kamu yang pemula, menjadi CS merupakan langkah mudah untuk mencatatkan portofolio pada resume.
Pengalaman selanjutnya bisa jadi jauh lebih baik dan menjanjikan untuk masa depan.
Untuk mempermudah kamu mendapatkan tawaran posisi CS dari perusahaan berkelas, kunjungi Ekrutes.id.
Yaitu sebuah platform loker yang menerapkan sistem pengumpulan data terbaik.
Temukan penawaran bergengsi melalui portal job yang ada disini.
Sehingga kamu tidak perlu repot mengirimkan lamaran ke perusahaan-perusahaan pilihan.
Perusahaan yang akan mencarimu berdasarkan hasil psikotes dan tes asemen di portal Ekrutes.id.
Kamu bisa menemukan penawaran dengan cepat menjadi customer service dengan rajin berkunjung ke situs Ekrutes.id.