Cara Cerdas Menanggapi Kritikan

Siapa sih yang tidak kesal ketika mendapatkan kritikan?

Kebanyakan orang pasti akan merasa kesal jika mendapatkan kritikan karena dianggap tidak mampu mengerjakan sesuatu. Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya kritikan dapat berguna bagimu?

Berdasarkan laman American Psychology Association, kritik dari seseorang sebenarnya sangat bermanfaat asalkan kamu tahu bagaimana cara menghadapi kritikan tersebut dengan benar. Kritik diungkapkan untuk menghasilkan ide yang solutif. Kritik tidak selamanya bersifat menjatuhkan, ada kalanya komentar dari orang lain justru akan menambah wawasanmu.

Baca Juga : Semakin Dewasa, Teman Kok Makin Sedikit?

Agar kamu dapat menghadapi kritikan tersebut dengan benar, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika menerima kritik;

1. Bersikap Tenang

Saat kamu mendapatkan kritik, entah itu kritik disampaikan dengan pedas, usahakan dirimu agar tetap tenang. Mungkin di awal, kamu merasa pekerjaanmu tidak diapresiasi, namun jangan sampai kamu membalasnya dengan luapan emosi. Saat mendapatkan kritikan sebaiknya tarik nafas dalam –dalam, dan hembuskan nafas perlahan. Hal ini dapat membantumu untuk dapat mengendalikan emosi sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

unsplash.com
2. Coba Dengarkan Dulu

Setelah kamu berhasil untuk tenang dan mengendalikan emosi, coba dengarkan terlebih dulu yang disampaikan oleh orang lain. Dengarkan bagian yang menurutmu memang harus diperbaiki dari dirimu. Hindari untuk mengeluarkan celaan atau bantahan saat orang lain memberikan komentar. Hal ini tentu akan membuat kamu terlihat defensive, si pemberi kritik juga merasa kamu orang yang fleksibel dan dapat menerima pendapat orang lain.

3. Cerna Kritikan

Setelah temanmu selesai bicara, jangan terburu-buru merespon. Cerna semua komentar yang telah dia sampaikan padamu. Fokus pada semua kritikan yang membangun dan apa yang bisa diperbaiki. Jika kamu merasa masih belum bisa mencerna kritikan dengan baik, cukup katakan padanya bahwa kamu membutuhkan waktu untuk berpikir agar kamu dapat melihat segalanya dari berbagai macam sudut pandang.

unsplash.com
4. Tanyakan Contoh Masalah

Hal cerdas dari menanggapi sebuah kritikan adalah menanyakan contoh masalah dan solusi dari kritikan mereka. Tanyakan contoh kasus apa yang membuat mereka menyampaikan kritik seperti itu pada kamu. Hal ini membuatmu menjadi memiliki sudut pandang mereka sehingga kamu dapat belajar dan berintrospeksi diri.

5. Terima dan Hargai

Bentuk penerimaan terhadap kritikan menandakan bahwa kamu sudah dewasa. Belajarlah untuk mengakui bahwa kamu juga butuh kritikan agar dapat membuatmu lebih baik. Selain itu, hargai mereka yang mengkritikmu. Tetaplah berempati pada mereka yang memberimu kritik.

Pada intinya, kedewasaanmu akan terlihat ketika kamu dapat menanggapi krtikan secara cerdas. Dengarkan dan cerna kritikan yang ditujukan padamu. Sehingga kamu dapat melihat niat baik dibalik komentar yang mungkin terasa tajam dan pedas.

Informasi seputar lowongan kerja terbaru, tips pengembangan diri dan psikotes gratis, kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *