Apa itu Marketing Communication? Pengertian, Tugas dan Skill

marketing communication

Marketing communication atau marcom, pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Istilah ini biasa digunakan untuk menggambarkan strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan agar mencapai target pasar dengan berbagai media.

Tak heran, jika marketing communication menjadi peran yang penting dalam sebuah pemasaran perusahaan. Jika kamu tertarik menjadi seorang marcom, penting bagi kamu untuk mengetahui infomasi lengkap seputar bidang ini.

Berikut EKRUTES.ID akan berikan informasi seputar marketing communication mulai dari pengertian, tugas, hingga skill yang harus dimiliki. Penasaran? Yuk, di simak!

Apa itu Marketing Communication?

Marketing communication merupakan sebuah pesan dan media yang biasa digunakan oleh perusahaan untuk menyampaikan pesan marketing. Marcom berguna sebagai salah satu cara untuk kamu berkomunikasi secara efektif dengan target pasar.

Terdapat berbagai macam bentuk marketing communication yang bisa kamu terapkan, mulai dari iklan, branding, sosial media, presentasi sales, dan lainnya.

Dalam konsep marketing communication, penting untuk menemukan media yang sesuai dengan target pasar perusahaan. Sehingga, marcom harus menentukan strategi media yang menarik dan penggunaan gaya bahasa yang akan disampaikan juga harus sesuai dengan target pasar produk atau perusahaan.

Strategi ini tentunya akan sangat berguna untuk meningkatkan penjualan produk. Dengan memperhatikan media dan gaya bahasa yang digunakan, tentunya akan membuat pesan promosi yang disampaikan lebih mudah diterima oleh target audiens pasar.

Pentingkah Marketing Communication Dalam Perusahaan?

Menjalankan marketing communication sama dengan mengupayakan strategi pemasaran dalam jangka waktu yang panjang. Maksudnya, hasil dari strategi yang kamu jalankan saat ini baru akan menunjukan hasil dalam jangka waktu yang tidak cepat.

Sebagai permulaan, penting bagi kamu membangun brand awareness di media yang menjadi target audiensmu. Brand awareness ini dapat berlaku baik untuk produk lama ataupun baru.

Selain itu, seorang marcom juga harus mampu untuk mengubah pemikiran atau persepsi masyarakat soal brand tersebut. Salah satunya, ketika sebuah brand mendapatkan citra yang negatif di mata masyarakat, penting bagi seorang marcom untuk mengubah pemikiran audiens agar kembali positif.

Tugas Marketing Communication

Jika kamu tertarik menjadi seorang marcom, berikut berapa tugas yang wajib untuk kamu ketahui. Di antaranya:

1. Melakukan promosi

Sebagai seorang marcom, salah satu tugas utamanya adalah melakukan promosi. Promosi adlah aktivitas penjualan produk yang bersifat jangka panjang atau pendek.

Untuk menjalankan promosi, seorang marcom akan menentukan strategi apa yang digunakan hingga media untuk melakukan promosi tersebut.

2. Pemasaran produk secara langsung

Seorang marketing communication juga bertugas untuk melaksanakan strategi pemasaran tersebut secara langsung. Biasanya, marcom akan bernegosiasi dengan calon klien untuk menjual produk tersebut.

Ketika melakukan proses negosiasi, penting bagi marcom menjelaskan apa saja keunggulan produk yang ditawarkannya. Hal tersebut tentunya berguna untuk meyakinkan calon klien agar menggunakan produk tersebut.

3. Menjaga relasi baik

Tak hanya melakukan pemasaran, seorang marcom juga harus mampu menjaga hubungan baik dengan klien ataupun instansi yang bekerjasama dengan perusahaan. Menjaga relasi tentunya berguna untuk menjaga citra produk di masyarakat.

Jika perusahaan atau produk memiliki citra baik, tentunya akan semakin banyak orang yang tertarik untuk mencoba produk tersebut.

Skill Marketing Communication

Untuk menjalankan tugas di atas, seorang marketing communication juga wajib untuk memiliki beberapa skill berikut:

1. Menulis

Ketika kamu memutuskan menjadi seorang marcom, menulis menjadi salah satu skill yang wajib untuk kamu miliki. Sebab dalam melakukan strategi pemasaran, penggunaan kata- kata merupakan kunci untuk mencapai kesuksesan promosi.

Tak hanya itu, sebagai seorang marcom kamu juga harus mampu menulis untuk press release, news letter, dan hal lain yang berhubungan dengan penulisan iklan.

2. Skill komunikasi

Dalam dunia kerja, komunikasi menjadi salah satu skill yang wajib untuk dimiliki. Terlebih jika kamu merupakan marketing communication, penting untuk kamu memiliki kemampuan komunikasi verbal ataupun non verbal.

Komunikasi non verbal sendiri meliputi bahasa tubuh, eksperesi wajah, dan juga intonasi suara. Dengan memiliki skill komunikasi yang baik, kamu lebih mudah untuk memahami apa yang dibutuhakn dan dirasakan oleh konsumen.

3. Public speaking

Sebagai seorang marcom, penting bagi kamu untuk memiliki kemampuan public speaking yang baik. Skill ini pastinya dibutuhkan ketika kamu harus melakukan presntasi internal ataupun Bersama dengan klien.

Dengan menguasai public speaking yang baik, kamu akan lebih mudah untuk menyampaikan pesan di depan banyak orang. Selain itu, rasa percaya diri yang kamu tunjukan juga akan berpengaruh pada minat konsumen untuk menggunakan produkmu.

Itulah rangkuman informasi seputar marketing communication mulai dari pengertian, tugas, hingga skill yang wajib untuk kamu miliki. Jika kamu tertarik untuk memulai karier sebagai marketing communication, penting bagi kamu kamu untuk mempelajari setiap skill yang dibutuhkan.

Yuk, download aplikasi EKRUTES.ID untuk mendapatkan berbagai informasi seputar dunia kerja dan info lowongan pekerjaan terbaru dari berbagai perusahaan ternama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *