Adakah dari kalian yang tertarik mempelajari ilmu psikologi? Atau mungkin kalian tertarik untuk mengenali kepribadian seseorang?  Kita pelajari sedikit tentang kepribadian dalam ilmu psikologi yuk!

Apa Itu Kepribadian?

Berdasarkan American Psychological Association, personality atau kepribadian mengacu pada perbedaan dalam pola pikir, perasaan, dan berperilaku. Studi tentang kepribadian ini untuk memahami perbedaan individu dalam karakteristik kepribadian seperti kemampuan bersosialisasi atau emosi.

Dalam dunia psikologi terdapat beberapa ahli yang memaparkan pengertian dari konsep kepribadian.

Baca Juga : Persiapkan Ini Sebelum Walk-In Interview!

  1. Carl Gustav Jung, kepribadian merupakan keseluruhan pikiran, perasaan, dan tingkah laku baik sadar maupun tidak sadar.
  2. Allport, kepribadian merupakan organisasi dinamis dari individu yang menentukan cara khas untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya serta menentukan karakteristik perilaku dan pikiran seseorang.
  3. Atkinson, kepribadian merupakan pola perilaku dan cara berpikir khas yang menentukan penyesuaian diri individu terhadap lingkungan, mencakup kepribadian umum yang dapat diamati oleh orang lain dan kepribadian dari pikiran dan pengalaman yang jarang diungkapkan.

Tipe-Tipe Kepribadian

Nah, kamu pasti sering mendengar istilah introvert dan extrovert. Sebenarnya introvert dan extrovert merupakan tipe kepribadian yang dicetuskan oleh Carl Gustav Jung (1910).

1. Introvert 

Introvert dapat didefinisikan sebagai kepribadian yang mendapatkan energi dari dalam dirinya sendiri, seperti memiliki waktu untuk dirinya. Seseorang yang introvert biasanya sering terlihat menarik diri dari lingkungan sosial dan pemalu. Sebenarnya hal ini juga nggak selalu terjadi pada seorang yang introvert. Kepribadian ini lebih suka melakukan kegiatan yang sekiranya dapat ia lakukan sendiri seperti membaca, menulis, dll. Kelebihan dari seorang introvert adalah mereka cenderung dapat menganalisis situasi dengan cermat sehingga banyak berpikir sebelum berbicara atau melakukan sesuatu.

Tanda-tanda Kepribadian Introvert
  • Nyaman berteman dalam sebuah kelompok kecil
  • Penuh pertimbangan
  • Menyendiri sebagai sebuah “recharge”
  • Cenderung menjaga emosi
  • Cenderung menjadi pendiam dalam kelompok besar
  • Energi terasa terkuras jika bertemu dengan banyak orang
  • Terbuka hanya pada oranag yang dikenal saja
  • Lebih banyak mengobservasi
unsplash.com
2. Extrovert

Extrovert didefinisikan sebagai pribadi yang mendapatkan energi dari orang lain yang berada disekitarnya. Biasanya seorang extrovert cenderung banyak berbicara dan mungkin popular dikalangan teman sebaya. Pribadi extrovert senang mencari interaksi sosial karena dengan berinteraksi mereka akan lebih bersemangat. Kelebihan dari kepribadian extrovert adalah mereka cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan terlihat ramah. Mereka cenderung terlihat lebih kritis karena mudah mengungkapkan perasaan dan ide.

Tanda-tanda Kepribadian Extrovert
  • Berenergi jika bersama orang lain
  • Cenderung memiliki banyak teman
  • Ramah
  • Mudah bergaul
  • Menikmati bekerja dalam sebuah tim
  • Lebih menyukai berbicara daripada menulis
  • Menyukai melakukan aktivitas bersama orang lain
unsplash.com

Pada intinya, introvert dan extrovert berada dalam sebuah skala yang mana bisa jadi beberapa orang bisa sangat extrovert dan beberapa orang tidak begitu. Hal ini juga sama halnya dengan seorang introvert. Tidak semua orang introvert pemalu dan pendiam. Mungkin beberapa dari mereka hanya memiliki sebagian dari ciri khas seorang introvert.

Dalam sebuah kepribadian, tidak ada yang lebih baik dan tidak ada yang lebih buruk. Perlu kita ketahui bersama, kepribadian merupakan dinamika unik dari individu yang membuat kita menjadi berbeda satu sama lain.

Untuk informasi seputar kepribadian, pengembangan diri dan informasi karir, kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *