5 Bahasa Yang Banyak Digunakan Di Dunia Kerja

Tak bisa disangkal lagi bahwa kemampuan berbahasa asing saat ini menjadi salah satu persyaratan dalam dunia kerja, terkhusus untuk perusahaan multinasional. Sekedar informasi, perusahaan multinasional merupakan perusahaan asing yang menjalankan bisnisnya dan memiliki kantor di sejumlah negara dengan jangkauan kerja internasional.

Baca Juga : Tips Berhasil Focus Group Discussion (FGD)

Perusahaan multinasional banyak diminati oleh pencari kerja karena penawaran gaji diatas perusahaan pada umumnya dan juga tersedianya berbagai fasiltas menarik. Karena perusahaan mulitnasional adalah perusahaan asing, maka tidak heran jika persyaratan utamanya adalah kemampuan berbahasa asing. Bagi perusahaan multinasional, kemampuan berbahasa asing selain bahasa Inggris sangatlah dibutuhkan. Jika perusahaan multinasional itu berasal dari India, maka jangan heran jika perusahaan tersebut mensyaratkan kemampuan bahasa Inggris dan juga bahasa India.

Berdasarkan Kompas.com, berikut 5 bahasa asing yang dapat membantu kamu lancar berkarir di dunia industri internasional ;

unsplash.com
1. Bahasa Jerman

Jerman menjadi salah satu eksportir terbesar setelah Amerika Serikat dan China pada industri otomotif, permesinan, dan bahan kimia. Saat ini beberapa perusahaan asal Jerman juga telah memasuki industri di Indonesia seperti, BMW, Allianz, Deutsche Bank Group. Perusahaan asal Jerman ini biasanya juga mensyaratkan para kandidat untuk menguasai bahasa Jerman.

2. Bahasa Mandarin

Banyak orang merasa bahasa Mandarin adalah bahasa yang sulit karena nada dan huruf yang beragam. Padahal saat ini bahasa Mandarin menjadi bahasa yang patut dipelajari karena Tiongkok adalah salah satu negara ekonomi terbesar di dunia. Terdapat banyak sekali kegiatan ekspor – impor yang dilakukan Tiongkok dengan negara-negara lain, termasuk Indonesia. Tidak heran beberapa perusahaan mensyaratkan kandidatnya untuk mampu berbahasa Mandarin baik pasif maupun aktif.

3. Bahasa Jepang

Siapa yang tidak tahu bahwa Jepang mendominasi untuk industri otomotif dan teknologi, terutama di Indonesia. Perusahaan besar seperti Honda, Nissan, Mitsubishi, Hitachi merupakan perusahaan Jepang yang banyak diminati oleh pencari kerja. Bahasa Jepang menjadi sangat kuat karena orang-orang Jepang sangat bangga terhadap bahasanya. Maka dari itu, jika kamu ingin sukses berkarir di perusahaan Jepang, mulai sekarang pelajari bahasa Jepang dengan benar ya.

unsplash.com
4. Bahasa Arab

Bahasa Arab sendiri digunakan oleh 27 negara di Timur Tengah yang sektor bisnisnya berkembang pesat karena kekayaan minyak bumi. Sektor perminyakan, penerbangan hingga pariwisata yang ada di Dubai menawarkan banyak lapangan pekerjaan bagi tenaga kerja asing. Untuk dapat beromunikasi di perusahaan ini, tentu bahasa yang digunakan adalah bahasa Arab.

5. Bahasa Perancis

Jika kamu ingin terjun ke sektor diplomasi, ada baiknya kamu kuasai bahasa Perancis. Selain itu, Perancis yang menjadi “kiblat” dunia fashion dan kosmetik sehingga dalam sektor bisnis, negara ini memiliki andil yang cukup besar. Walaupun bahasa Perancis belum banyak digunakan sebagai syarat masuk perusahaan, tetapi perusaahan Perancis akan sangat senang jika kandidatnya dapat berbahasa Perancis.

Kemampuan berbahasa asing menjadi kunci untuk dapat bersaing di dunia industri saat ini. Tidak ada kata terlambat untuk kamu mempelajari bahasa asing. Jika kamu belum lancar berbahasa Inggris, maka cobalah terus berlatih. Tapi, jika kamu sudah oke dalam bahasa Inggris, tidak ada salahnya mempelajari pilihan bahasa asing diatas. Bahasa membuka peluang karir yang cemerlang.

Seputar info tentang karir, pengembangan diri, dan lainnya, dapat kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.