14 Tips Agar Hari Pertama Kerja Jadi Menyenangkan!

tips hari pertama kerja

Jika kamu baru pertama kali masuk kerja dan bingung harus melakukan apa, maka pembahasan mengenai tips hari pertama masuk kerja dalam artikel ini bisa membantumu.

Setelah belajar selama kurang lebih 4 tahun di bangku perkuliahan, kini waktunya kamu melanjutkan kehidupan di dunia kerja.

Saat memasuki dunia kerja, grogi dan gugup merupakan hal yang lumrah dirasakan oleh para fresh graduate yang baru mendapatkan pekerjaan.

Berhati-hati dalam bersikap dan berperilaku pada hari pertama bekerja harus kamu lakukan, karena beragamnya latar belakang karyawan yang ada di tempat kerja barumu.

Baik kepada rekan kerja, atasan maupun kolega, kamu harus memberikan kesan pertama yang baik.

Dengan begitu, kamu harus melakukan beberapa hal yang bisa membantumu memberikan kesan pertama yang baik di tempat kerja. Berikut ini penjelasannya.

Lakukan Tips Ini di Hari Pertama Masuk Kerja

tips hari pertama kerja 2

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan di saat hari pertama masuk kerja:

  1. Mencoba memperkenalkan diri terlebih dahulu

Hal pertama yang wajib kamu lakukan saat menjadi anggota baru di kantor adalah memperkenalkan diri dengan rekan kerja hingga atasan yang ada disana.

Agar tidak dicap angkuh atau sombong, usahakan untuk memperkenalkan diri ke semua ruangan yang ada di tempat kerja barumu.

Bagi kamu yang memiliki karakter introvert dan pemalu, mungkin akan sedikit menyulitkanmu.

Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba dengan berlatih di rumah terlebih dahulu.

Dengan berlatih dan mencoba membangun percaya diri, semoga bisa membantumu dalam memperkenalkan diri di hari pertama bekerja.

Baca juga: Introvert, Ekstrovert, dan Ambivert, Apa Saja Perbedaannya?

  1. Menunjukkan sikap positif

Menunjukkan sikap positif selama hari pertama kerjamu adalah hal yang perlu kamu lakukan.

Tunjukkan antusias dan aura positif yang kamu miliki hingga rekan kerjamu bisa merasakannya.

Dengan demikian, kamu akan dianggap nyaman dan senang berada di lingkungan kerjamu.

  1. Memulai pembicaraan kepada semua orang

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memulai percakapan dengan teman dan orang-orang yang ada disana.

Jangan hanya berbicara ketika ditanya, namun buatlah inisiatif untuk membuka pembicaraan.

Gunakan kesempatan ini untuk bisa berbaur dengan rekan kerjamu serta membangun hubungan yang baik.

  1. Menggunakan pakaian yang rapi dan formal

Saat hari pertama bekerja, gunakanlah pakaian yang formal dan rapi agar bisa meninggalkan kesan yang baik.

Pada hari pertama kerja, pastikan kamu memakai pakaian yang sesuai dengan peraturan yang ada di kantor karena kemungkinan besar akan bertemu petinggi-petinggi perusahaan hingga klien penting.

Meskipun kini memakai pakaian santai saat bekerja sudah biasa di dunia kerja, namun masih ada juga yang tidak suka dan menganggap pakaian non formal dapat memberikan kesan yang tidak profesional.

  1. Tunjukkan semangat tim

Disarankan untuk tidak bersikap pasif setelah kamu resmi bergabung dalam tim.

Utarakan pendapat dan apa yang ada di pikiranmu dan jangan hanya fokus pada pekerjaan yang diberikan.

Lalu jangan lupa untuk tetap bersikap hormat pada rekan-rekan kerjamu yang notabenenya adalah para seniormu.

Dengan begitu mereka bisa melihat semangat yang ada dalam dirimu dan tentunya mereka akan terkesan pada apa yang kamu lakukan.

  1. Mengingat nama rekan kerja

Pada hari pertama kerja, usahakan untuk mengingat nama dari rekan kerjamu, baik yang satu divisi maupun yang tidak.

Kamu juga bisa membuat catatan yang berisi nama-nama rekan kerjamu jika kamu tipe orang yang memiliki ingatan yang buruk.

Namun jika kamu masih lupa, jangan sungkan untuk menanyakan namanya kembali dengan mengucapkan maaf dengan sopan.

  1. Hindari perilaku tidak mau bertanya

Sebagai orang baru, pastinya masih ada banyak hal mengenai pekerjaan yang tidak kamu ketahui.

Sehingga cobalah untuk bertanya apa yang belum kamu mengerti dan jangan merasa malu, karena rekan kerjamu pasti akan memakluminya.

Jangan sampai kamu malu bertanya dan malah mengerjakan sendiri yang bisa membuat pekerjaan menjadi berantakan.

Hal tersebut tentunya akan memakan dan membuang waktumu.

Untuk memastikan hasil kerjamu sesuai dengan yang dibutuhkan, maka bertanya dan melakukan konfirmasi kepada rekan dan atasan di tempat kerjamu merupakan hal yang harus dilakukan.

Baca juga: Cara Mengatasi Lingkungan Kerja Toxic, Lakukan Hal Ini!

  1. Ikut makan siang bersama

Ikut berbaur saat jam makan siang sangat dianjurkan, karena kamu bisa sekaligus mengenal karakter rekan-rekan kerjamu, baik yang satu divisi maupun beda divisi.

Namun perhatikan pula kondisi keuanganmu, jika memungkinkan pilih rekan kerja yang makan siangnya di tempat sederhana. Sehingga kamu juga tidak akan merasa beban saat makan siang bersama.

  1. Mencatat hal-hal penting di hari pertama

Tata cara, nomor-nomor penting, hingga peraturan yang berkaitan dengan pekerjaanmu merupakan hal-hal yang perlu kamu ketahui di hari-hari pertama kerjamu.

Usahakan juga mencatat apa yang dijelaskan oleh rekan dan atasanmu demi menghindari pengulangan penjelasan mengenai hal-hal tersebut.

Karena jika kamu bertanya dan memastikan berulang kali mengenai benar atau tidaknya pekerjaanmu, bisa-bisa mereka malah tidak menyukai kinerjamu.

Akhirnya kamu akan dicap sebagai orang yang lalai dalam pekerjaanmu karena sikap ketidakdisiplinan yang kamu tunjukkan.

  1. Inisiatif melakukan hal baik

Pada hari-hari pertama kerjamu, pasti akan diberikan terlebih dahulu pekerjaan yang mudah karena statusmu yang masih karyawan baru.

Setelah kamu menerima pekerjaan yang diberikan oleh rekan atau atasanmu, cobalah untuk menyelesaikannya secepat dan sebaik mungkin dan laporkan hasil pekerjaannya.

Setelah melakukan pekerjaan pertamamu, jangan ragu untuk membantu pekerjaan yang lain.

Nantinya sedikit demi sedikit atasanmu akan memberikan pekerjaan yang lebih sulit daripada sebelumnya. Sehingga maksimalkan kesempatan yang ada sebaik mungkin.

  1. Mengurangi urusan pribadi saat bekerja

Lakukan hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan di luar jam kerja, seperti mengurus jualan online dan pekerjaan menulis lepas.

Karena kamu bisa dicap buruk jika mengerjakan kesibukan yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan oleh atasanmu.

Fokuslah pada pekerjaan utamamu dan jangan coba-coba untuk mengerjakan hal lain.

Baca juga: 8 Tips Sukses Walk In Interview Bagi Fresh Graduate

  1. Berbaur saat jam pulang

Selain melakukan makan siang bersama, kamu juga bisa berbaur bersama rekan kerja saat jam pulang kerja.

Entah itu ke kafe, nonton bareng di bioskop, dan lain sebagainya.

Jangan ragu untuk menerima ajakan rekan kerjamu untuk hangout bareng, karena ini bisa jadi kesempatanmu untuk membangun relasi yang bagus.

  1. Mengorganisasi pekerjaan

Pekerjaan yang tidak terselesaikan dengan alasan lupa sangat tidak disukai oleh para atasan.

Sehingga sebagai karyawan baru, berusahalah untuk mengatur pekerjaan dengan baik.

Kamu bisa membuat to do list mengenai apa saja yang akan kamu lakukan hari itu melalui post-it atau google sheet.

Dengan demikian semua pekerjaanmu bisa terselesaikan sebelum deadline tiba.

  1. Pentingnya First Impression Dalam Dunia Kerja

Seperti pembahasan mengenai tips hari pertama masuk kerja di atas, banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan hal baik di hari pertama kerjamu.

Jika kamu memberikan kesan pertama yang baik, maka kedepannya kehidupanmu di tempat kerja bisa cemerlang.

Bagi kamu yang belum memiliki pekerjaan, kamu bisa mencarinya di aplikasi Ekrutes.id.

Di aplikasi ini, kamu bisa menemukan lowongan pekerjaan dan bisa segera mengirim lamaran.

Selain itu, coba juga melakukan tes asesmen terlebih dahulu untuk memahami kepribadian kamu.

Dengan begitu, kamu dapat menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *