Jangan Bingung! Berikut 12 Istilah Kekinian di Dunia Kerja

istilah dalam dunia kerja

Bagi kamu fresh graduate atau pekerja yang baru saja memasuki kantor baru, pasti sering merasa bingung dengan beberapa istilah kekinian yang digunakan di tempat kerja. Biasanya, istilah kekinian yang digunakan di dunia kerja berasal dari bahasa gaul yang sering digunakan sehari-hari, oleh para karyawan milenial atau gen z untuk berkomunikasi.

Biar kamu engga binggung di kantor, EKRUTES.ID bakal kasih kamu informasi seputar istilah kekinian yang sering digunakan di kantor. Yuk, disimak!

12 Istilah kekinian di dunia kerja

1. Job Sharing

Job sharing merupakan istilah yang sering digunakan oleh beberapa karyawan di kantor. Istilah ini bermaksud untuk menggambarkan kondisi dua orang karyawan yang mengerjakan sebuah posisi pekerjaan dalam waktu bersamaan. Biasanya dua orang ini nantinya akan membagi tugas posisi tersebut, sehingga dinamakan sharing.

2. Minutes of Meeting (MoM)

Istilah MoM merupakan pencatatan yang dilakukan pada saat rapat berlangsung. MoM nantinya harus dibagikan kepada peserta rapat, hal ini karena MoM berisikan poin penting yang dibahas selama rapat berlangsung. Meski terlihat mudah, namun tidak semua karyawan dalam perusahaan dapat menjadi penulis MoM. Hal ini karena dibutuhkan orang dengan kemampuan yang cepat untuk menangkap materi meeting dari pembicara dan mencatatnya dengan cepat agar tidak terlewat.

3. Career Break

Istilah career break digunakan untuk perusahaan yang tidak membayarkan gaji karyawannya, dengan alasan tertentu. Biasanya kondisi ini telah disepakati oleh kedua pihak, sehingga tak terjadi masalah ke depannya.

4. To be Discuss (TBD)

Istilah TBD ini sering digunakan ketika mengimkan informasi seperti planning kerja ataupun data perusahaan. Sehingga, planning atau data tersebut berarti tengah dalam pertimbangan untuk dilakukan, sehingga membutuhkan diskusi lanjutan terlebih dahulu.

5. On duty

Istilah on duty seringkali digunakan untuk menggambarkan situasi seorang pekerja yang masih mengerjakan tugas. Sedangkan, istilah off duty berarti pekerja yang telah tidak mengerjakan tugas atau tidak bekerja di tempat.

6. Sense of belonging

Istilah ini mengacu kepada rasa seorang pekerja yang memiliki tanggung jawab penuh atau keinginan yang besar untuk tumbuh dengan perusahaan. Perasaan ini nantinya akan menumbukan rasa kepemilikan pekerja kepada perusahaan.

7. Hybrid working

Hybrid working banyak digunakan ketika pandemic covid-19, dimana istilah ini memiliki arti pekerja dapat bekerja di mana saja, selain di kantor. Berbeda dengan work from home, perusahaan yang menerapkan hybrid working biasanya tetap diharuskan datang ke kantor meski hanya satu kali dalam seminggu.

8. To be Confirm (TBC)

Jika kamu mendengar istilah TBC di kantor, itu bukanlah berarti sebuah penyakit. TBC yang dimaksud dalam kantor sendiri berartikan seorang pekerja yang perlu menunggu konfirmasi mengenai data yang dikirimkan. Sehingga data pekerjaan tersebut belum pasti diterimanya.

9. Standar Operational Procedures (SOP)

Dalam dunia kerja pastinya kalian sering mendengarkan istilah SOP, istilah ini merupakan nama lain dari prosedur kerja yang telah disusun oleh perusahaan untuk diikuti oleh semua karyawan. SOP dalam perusahan berguna sebagai pedoman dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari.

10. Angel Investor

Istilah angel investor biasanya diberikan kepada investor yang berjasa kepada perusahaan startup, karena telah memberikan modal untuk membangun perusahaan tersebut. Biasanya para angel investor merupakan kerabat atau keluarga dari founder perusahaan startup tersebut.

11. Pivot

Pivot merupakan istilah perubahan strategi bisnis untuk menyikapi perkembangan industri. Biasanya, pivot digunakan untuk strategi bisnis startup. Pivot juga sering diibaratkan seperti sebuah perahu yang dapat berganti haluan agar dapat mencapai tujuan.

12. Disprutive

Disprutive merupakan istilah dari menawarkan hal baru, biasanya istilah ini juga banyak digunakan di startup yang selalu membawa inovasi bisnis terbaru. Oleh karena itu, startup sering dianggap pembawa warna baru dalam industri.

Itu lah 12 istilah yang sering digunakan dalam dunia kerja saat ini. Bagi kamu yang baru memulai bekerja di kantor baru, sekarang jangan kaget lagi ya jika mendengar istilah asing. Nah, untuk bisa bekerja di kantor impian kamu, yuk ikuti Virtual Job Fair yang dilaksanakan oleh EKRUTES.ID. Terdapat puluhan perusahaan ternama yang menawarkan berbagai posisi untuk kamu. Yuk, Ikutan!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *